Apa saja yang menjadi penyebab resistensi antibiotik?

Antibiotik

Ketika seseorang mengkonsumsi suatu obat antibakteri dengan tidak tepat, hal ini dapat mengakibatkan bakteri tersebut resisten. Bakteri ini dapat berpindah ke orang lain yang tinggal di lingkungan sekitarnya, dan dapat menimbulkan infeksi dengan pilihan terapi yang terbatas.

Terdapat berbagai faktor penyebab terjadinya resistensi bakteri yaitu faktor primer adalah penggunaan agen antibiotik, munculnya strain bakteri yang resisten terhadap antibiotik, dan penyebaran strain tersebut ke bakteri lain. Selain itu, faktor pejamu, seperti lokasi infeksi, kemampuan antibiotik mencapai organ target infeksi sesuai dengan konsentrasi terapi, flora normal pasien, dan ekologi lingkungan merupakan factor-faktor yang perlu diperhatikan.

Penggunaan antibiotik secara berlebihan, memiliki andil besar dalam menyebabkan peningkatan resistensi terhadap antibiotik, terutama di rumah sakit. Peresepan antibiotik yang kurang perlu dan banyak terjadi di negara industri juga ditemukan pada banyak negara berkembang.

Faktor yang juga berpengaruh adalah penyalahgunaan antibiotik oleh praktisi kesehatan yang tidak ahli, karena kurangnya perhatian pada efek merusak dari penggunaan antibiotik yang tidak tepat.