Apa saja gejala atau ciri-ciri depresi terselubung ?

Depresi

Depresi terselubung adalah perasaan yang tertekan yang ada dalam diri seseorang dan tidak diungkapkan. Apa saja gejala atau ciri-ciri depresi terselubung ?

1 Like

Berikut ciri-ciri seseorang menderita depresi terselubung, yaitu :

  1. Kebiasaan Tidur yang Berbeda
    Apabila seseorang merubah cara tidurnya atau cara makannya dengan tiba-tiba dan juga signifikan, maka orang tersebut menunjukan hal yang bisa anda kenali. Pertama adalah dia tidak bisa memposisikan seluruh kehidupannya dengan baik dan juga lancar dan yang kedua adalah depresi dalam hidupnya cukup mengganggu.

  2. Tidak Jujur Berekspresi
    Ketika seseorang mengalami depresi terselubung, akan ada banyak hal yang ia tutupi namun tidak pernah ia bagikan sedikitpun atau satupun. Apakah anda pernah melihat seseorang yang tertawa namun terlihat terpaksa atau tidak bahagia? Hal ini menjadikan orang tersebut merupakan penderita depresi terselubung. Mereka juga sering menyembunyikan bahagia mereka bukan hanya sedih.

  3. Menghindar
    Mereka penderita depresi terselubung sering menghindar dari berbagai hal, termasuk sikap dan juga perbuatan. Dimana dengan menghindar mereka tidak harus menjelaskan berbagai hal yang ada dalam dirinya dan yang terlihat dari luar. Menghindar juga menjadikan mereka tak perlu menjelaskan keadaan sebenarnya diri mereka.

  4. Terbawa Emosi Orang
    Untuk menutupi rasa depresinya menjadi lebih sensitif, mereka biasanya mengalihkan suasana dengan melakukan kegiatan yang membantu mengekspresikan rasa. Seperti halnya mereka ingin tertawa lepas membuat seorang yang menderita depresi terselubung menjadikan orang tersebut tertawa karena film.

  5. Moody
    Biasanya mereka yang mengalami depresi akan mempengaruhi suasana hati yang menyebabkan orang tersebut moody seperti bahagia tiba-tiba namun karena ia tertekan maka ia akan mengalami perubahan dan merasa sedih atau nangis tiba-tiba dan hal lainnya.

  6. Kehilangan Nafsu Makan
    Jika anda tiba-tiba kehilangan nafsu makan maka kemungkinan anda mengalami depresi terselubung. Sekarang ini makanan sangat banyak variasnya, sangat jarang seseorang merasa malas makan atau jenuh untuk makan. Jika hal tersebut terjadi, kemungkinan anda mengalami depresi terselubung dimana malas atau tidak ingin melakukan hal mendasar seperti makan atau bergerak saja.

  7. Mati Rasa
    Mati rasa merupakan efek terakhir yang bisa saja terjadi pada mereka yang depresi terselubung. Dimana mati rasa mengindikasikan bahwa orang tersebut mengalami permasalahan yang amat dalam namun tidak ingin atau tidak bisa menunjukannya.