Apa saja gejala atau ciri-ciri depresi ringan ?

Depresi masuk ke dalam kategori gangguan psikologi yang memiliki pengaruh cukup besar pada aktivitas seseorang yang menderitanya dalam kehidupan sehari hari. Gangguan aktivitas tersebut biasanya akan disertai dengan adanya gejala mental dan fisik. Jika tidak diatasi dengan segera maka akan menyebabkan gejala semakin parah.

Apa saja gejala atau ciri-ciri depresi ringan ?

Beberapa ciri-ciri depresi ringan, yaitu :

  1. Gampang Marah dan Emosi Tinggi
    Tahapan depresi ringan pertama kalinya dapat dilihat dari sikap seseorang yang mudah sekali marah dan memiliki tingkat emosional yang tinggi. Pada beberapa kasus, hal ini diakibatkan rasa depresi yang dimilikinya sehingga membuatnya lebih mudah marah akibat stress yang dialaminya. Sehingga muncul perasaan tertekan dalam pikirannya sehingga menyebabkan seseorang mudah emosi dan marah.

  2. Perubahan Nafsu Makan
    Gejala lainnya yang dapat terlihat adalah pad aperubahan nafsu makan. Orang yang mengalami depresi ringan biasanya mengalami perubahan nafsu makan, entah itu meningkat atau menurunnya nafsu makan. Sehingga hal ini mengakibatkan terjadinya peningkatan atau penurunan pada berat badan orang tersebut. Biasanya pada orang gemuk akan mengalami peningkatan nafsu makan saat mengalami stress dan depresi. Sedangkan pada orang yang kurus akan lebih mengalami penurunan nafsu makan.

  3. Mudah Merasa Lelah
    Tanda tanda lainnya adalah mudah merasa lelah dan lemas, bahkan hingga tidak dapat melakukan beragam aktivitas. Penderita depresi ringan biasanya tidak ingin melakukan aktivitas lainnya, hanya merenung dan murung saja. Tidak ada energi untuk melakukan beragam aktivitas sehingga penderita mudah merasa lemah dan lelah.

  4. Kesulitan Tidur
    Orang orang yang menderita depresi ringan juga akan mengalami kesulitan tidur atau insomnia. Hal ini biasanya dikarenakan banyaknya masalah yang dipikirkan dan direnungkan sehingga membuatnya sulit untuk terlelap. Hal ini ada kaitannya dengan hormon Norepinephrine yang ada di dalam kelenjar adrenal yang membuat orang orang yang mengalami depresi mudah mengalami insomnia.

  5. Kosentrasi Berkurang
    Ciri ciri lainnya adalah penurunan fokus atau kosentrasi dalam diri penderita depresi ringan. Kosentrasi dan fokus yang berkurang biasanya dikarenakan banyaknya pikiran dan masalah yang dihadapinya. Sehingga membuatnya kesulitan untuk mengerjakan sesuatu pekerjaan, bahkan yang sering dikerjakannya sekalipun.

  6. Sering Merasa Cemas
    Orang yang mengalami depresi ringan akan mudah sekali merasa cemas, hal ini dikarenakan kaitannya dengan hormon Norepinephrine. Hormon ini membuat manusia yang mengalami depresi akan selalu terjaga dan fokus akan masalah yang dihadapinya. Terlalu fokus dengan masalah tersebut membuat seseirang akan merasa cemas bahkan dengan hal-hal yang mungkin saja belum terjadi.

  7. Suka Merenung dan Murung
    Orang yang mengalami depresi ringan biasanya tidak dapat menyembunyikan perasaannya. Perasaan yang tidak menentu membuat orang orang yang mengalami depresi selalu terlihat merenung dan murung. hal-hal yang membuat seseorang mengalami depresi tentu bukanlah hal yang baik, sehingga membuat orang yang mengalami depresi terlihat murung dan tidak merasa bahagia.