Apa Saja Gangguan Dalam Melakukan Komunikasi Publik?

Komunikasi publik

Komunikasi publik sangat rentan terhadap noise (gangguan) dalam penyampaian pesan, dikarenakan komunikasi publik cenderung berbentuk komunikasi satu arah ( one way communication ).Apa Saja Gangguan Dalam Melakukan Komunikasi Publik ?

Komunikasi publik sangat rentan terhadap noise (gangguan) dalam penyampaian pesan, dikarenakan komunikasi publik cenderung berbentuk komunikasi satu arah (one way communication).

Beberapa jenis noise (gangguan) dalam komunikasi publik antara lain:

  • Gangguan mekanik. Gangguan mekanik disebut juga gangguan fisik yaitu gangguan yang disebabkan oleh adanya suara atau kebisingan lain di sekitar tempat pengiriman pesan, seperti adanya desingan suara mobil atau radio.

  • Gangguan personal (personel noise). Gangguan personal yaitu gangguan yang berkaitan dengan kondisi fisik komunikan atau komunikator yang merasa kelelahan, memiliki rasa lapar, atau bahkan sedang mengantuk. Faktor psikologis juga dapat mempengaruhi seperti tidak ada minat, bosan, dan lain-lain.

  • Masalah semantik. Masalah semantik yaitu masala (gangguan) yang disebabkan oleh adanya perbedaan makna yang dipahami oleh sumber dan penerima. Masalah ini bersangkutan dengan pesan komunikasi yang pengertiannya menjadi rusak karena terdapat perbedaan pemahaman antara komunikan dan komunikator. Biasanya ditandai dengan penggunaan istilah-istilah, simbol-simbol, jargon atau rumit.

  • Perbedaan budaya. Komunikan dan komunikator yang memiliki budaya berbeda akan membuat komunikasi tidak efektif dan tidak seimbang.

  • Ketiadaan feedback. Feedback sangat dibutuhkan dalam sebuah komunikasi agar tidak terjadi kebosanan oleh komunikan.

2 posts were merged into an existing topic: Apa saja Hambatan Komunikasi yang ada?