Apa saja fungsi pengawasan di dalam organisasi?

Pengawasan

Pengawasan adala salah satu fungsi organik manajemen. Proses pengawasan berguna untuk memastikan dan menjamin bahwa tujuan dan sasaran serta tugas organisasi akan dan telah terlaksana dengan baik sesuai dengan rencana, kebijaksanaan, instruksi, dan ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Apa saja fungsi pengawasan di dalam organisasi ?

Mengenai perlunya fungsi pengawasan dalam sebuah organisasi dilatarbelakangi oleh adanya suatu kecendrungan yang kuat bahwa karyawan mematuhi hukum karena adanya rasa takut terkena sanksi negatif.

Pengawasan pada dasarnya diarahkan sepenuhnya untuk menghindari adanya kemungkinan penyelewengan atau penyimpangan atas tujuan yang akan dicapai. melalui pengawasan diharapkan dapat membantu melaksanakan kebijakan yang telah ditetapkan untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan secara efektif dan efisien.

Bahkan, melalui pengawasan tercipta suatu aktivitas yang berkaitan erat dengan penentuan atau evaluasi mengenai sejauhmana pelaksanaan kerja sudah dilaksanakan. Pengawasan juga dapat mendeteksi sejauhmana kebijakan pimpinan dijalankan dan sampai sejauhmana penyimpangan yang terjadi dalam pelaksanaan kerja tersebut.

Dari pandangan diatas bahwa fungsi diadakannya pengawasan dalam organisasi, meliputi:

  1. Agar terciptanya sumber daya manusia yang lebih bersih dan berwibawa yang didukung oleh suatu sistem manajemen organisasi yang berdaya guna dan berhasil guna serta ditunjang oleh manajemen yang konstruktif dan terkendali dalam wujud pengawasan yang objektif, sehat dan bertanggung jawab;

  2. Agar terselenggaranya tertib administrasi di lingkungan organisasi, tumbuhnya disiplin kerja yang sehat, agar adanya kelugasan dalam melaksanakan tugas, fungsi dan kegiatan, tumbuhnya budaya malu dalam diri masing-masing karyawan, rasa bersalah, rasa berdosa yang lebih mendalam untuk berbuat hal-hal yang tercela terhadap masyarakat dan ajaran agama.