Apa pola hidup sehat yang sedang kalian jalani di era pandemi sekarang?

Di era pandemi seperti saat ini, menjaga pola hidup sehat adalah yang paling utama untuk dilakukan. Pola hidup sehat dari fisik maupun psikis pun sangat mempengaruhi imun tubuh agar kita tidak gampang terserang penyakit. Nah, kalau aku sendiri, pasti sangat menjaga kesehatan seperti minum air putih yang cukup, dan juga berusaha menghilangkan negative thinking agar immune ku terjaga, tapi tidak hanya itu, pola makan yang baik dan olahraga secukupnya pun juga dibutuhkan.

Kalau Youdics sendiri, apa sih pola hidup sehat yang lagi kalian terapkan sekarang? Yuk saling share pengalaman!

setuju banget sama vesa klo kesehatan sangat penting terutama di era pandemi ini. klo versi aku, aku mencoba untuk mengubah pola makan menjadi pola makan yang sehat, mengurangi mengkonsumsi karbohidrat, gula dan garam karena menurut ku selain membuat badan tetap sehat, berat badan pun terjaga. selain itu aku minum air putih yang cukup, olahraga yang cukup serta melakukan kegiatan yang aku senangi didalam rumah.

Pola hidup sehat yang lagi aku jalanin sekarang adalah berusaha untuk tidak tidur terlalu larut malam atau begadang. Jujur, ini agak susah untuk dilakuin karena sering banget mengejar deadline tugas kuliah dan nulis skripsi. Apalagi kan kalau keseringan begadang bisa mengganggu kesehatan. Kadang kalau aku begadang besoknya pasti langsung lemes, tidak bersemangat, dan bisa lebih mudah kena penyakit. Maka dari itu, mulai dari sekarang aku pelan-pelan untuk gak begadang lagi dengan mencicil tugas-tugas kuliah dan skripsi jadi biar malemnya gak perlu begadang lagi. Selain itu, aku juga ngelakuin olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah. Aku selalu liat olahraga ringan di youtube kayak sit up, squat, jumping jack, dan lainnya. Olahraga yang sederhana itu menjaga tubuh aku buat tetep bugar apalagi dengan olahraga bisa mengurangi stres.

Pola hidup sehat yang aku jalani bahkan dari sebelum pandemi :

  1. Olahraga teratur (secukupnya)
  2. Minum air outih yang cukup
  3. istirahat yang teratur
  4. jangan terlalu memikirkan masalah

Selama pandemi ini, aku melakukan olahraga 3x dalam seminggu. Dan kurang lebih 1 jam tiap kali berolahraga. Namun jika aku sendiri sedang hectic, bisa saja seminggu hanya 1-2x olahraga hehehe :sweat_smile: Lalu untuk pola makan sendiri aku masih belum bisa menjaganya. Terkadang jika ingat, aku akan mengimbangi dengan mengonsumsi jus (apa saja) tanpa gula, buah-buahan, dan minum vitamin C. Kalau stock vitamin C di rumah sedang kosong, aku menggantinya dengan lemon panas wkwk. Oh iya, akhir-akhir ini aku juga mengurangi mengonsumsi es karena cuaca juga sedang tidak menentu :v:

Setuju banget, di era pandemi saat ini menjaga kesehatan harus lebih ekstra. Beberapa pola hidup sehat yang mulai rutin aku jalanin saat ini adalah minum air putih saat bangun tidur serta memenuhi kebutuhan air yang diperlukan oleh tubuh, mulai rutin bersepeda, dan tidur yang cukup. Awalnya memang cukup sulit untuk dilakukan secara rutin, tetapi setelah menjadi kegiatan pokok, sekarang cukup sulit juga untuk tidak melakukannya.

Pola hidup sehat yang aku jalani selama pandemi yang telah terjadi setahun lebih kebelakang ini adalah yang pertama, menjaga kebugaran tubuh dengan olahraga. Ya olahraga ringan ringan saja, jalan kaki misal, olahraga tidak melulu menggunakan alat atau ke gym, dengan berjalan saja kita juga termasuk olahraga. Kemudian, menjaga pola makan serta gizi makanan yang terkandung didalamnya. Makan tetap rutin seperti baisanya kemudian gizinya juga diperhatikan terkait karbohidrat, protein, mineral dll. Aku juga mengkonsumsi susu guna memenuhi kebutuhan gizi tubuh. Kemudian, aku juga boost dengan konsumsi vitamin C 500 mg serta vitamin B3 yang berguna untuk menjaga daya tahan tubuh, mempercepat metabolisme serta memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh. The last but not least, hiburan. Selama pandemi kita tidak boleh stress dong, hehehe.

Selama pandemi ini, aku jadi rajin olahraga di sore hari. Entah itu olahraga di rumah seperti senam ataupun di luar rumah seperti bersepeda, jogging, atau bermain badminton. Selain itu, dulu saya jarang banget minum vitamin tapi selama pandemi ini dan pernah juga kena virus Covid-19 jadi rutin minum vitamin. Kemudian aku lebih banyak makan sayur daripada makanan yang cepat saji karena bener bener terasa banget perbedaannya dan jangan lupa selalu minum air putih.

Aku mau berbagi sedikit tentang pengalamanku terkait pola hidup. Sebelum pandemi aku termasuk kategori orang yang “over weight”. Akibatnya, di awal pandemi aku sering banget ngalamin penyakit/gangguan lambung, mudah stres, dan pusing. Dokter menyarankan untuk merubah pola hidup.

Aku melakukan perubahan pola hidup dari pola makan, istirahat, olahraga, dll. Pola makan aku tetap makan 3x sehari namun menghitung kebutuhan kalori harian, mengurangi konsumsi makanan berlemak jenuh, produk rafinasi, produk ultra-proses. Setiap minggu aku berjalan kaki selama 45 menit - 1 jam untuk mengurangi berat badan. Selain itu, aku mengurangi aktivitas begadangku.

Banyak dari orang terdekatku mengatakan bahwa yang aku lakukan terlalu berlebihan, namun aku tau mana yang terbaik buat tubuhku dan yang ku lakukan juga atas saran dari dokter yang profesional. Memang awalnya tubuhku merasakan ketidaknyamanan akibat perubahan pola hidup. Ya ternyata itu normal kata dokter.

Hingga sekarang penyakit dan gangguan lambungku sudah mulai berkurang bahkan jarang kambuh. Selain itu, jika tidak olahraga aku merasa ada yang kurang. Olahraga menjadi rutinitas yang membuatku lebih merasa bahagia apalagi jika dibarengi dengan musik. Menjadikan olahraga sebagai coping stress di masa pandemi.

Sebenarnya banyak sekali yang mau aku ceritakan, tapi pasti panjang banget karena memang ini adalah salah satu perubahan besar dalam hidupku. Semoga buat kalian yang sedang berjuang untuk dapat pola hidup yang lebih sehat kita sama-sama selalu semangattt…

1 Like

Yup setuju banget jika kesehatan itu sangat penting dimasa pandemi sekarang, kalo dari versi aku cara menjaga kesehatan yaitu mengubah pola makanku menjadi lebih baik dan sehat karena sebelun pandemu pola makanku tidak teratur terkadang sehari ga makan makanan pokok. Rutin berolahraga, berjemur dipagi hari, mengkonsumsi vitamin , istirahat cukup karena dulu lebih sering begadang.

1 Like