Apa perbedaan antara cinta dan sayang?

cinta dan sayang

Sering kali kita mendengar kata sayang dan kata cinta, yang mungkin beberapa orang hanya mengetahui namun tidak mengerti makna dan arti kata itu sendiri, Apa perbedaan arti kata cinta dan sayang ?

Sebagian besar dari kita menganggap bahwa cinta dan sayang itu merupakan perasaan yang sama. Tapi sebetulnya, cinta dan sayang itu sendiri memiliki makna yang berbeda. Sayang bisa ditujukan bagi siapa saja, sedangkan cinta ditujukan bagi seseorang yang lebih spesifik lagi dan salah satunya berkaitan dengan hubungan lawan jenis.

Makna cinta

Cinta merupakan emosi yang kompleks, terdiri dari berbagai macam perasaan dan keadaan. Menurut kamus Oxford, cinta didefinisikan sebagai perasaan kasih sayang yang kuat. Sedangkan, pengertian cinta lainnya menurut kamus Merriam-Webster mendefinisikan cinta sebagai perasaan kasih sayang yang kuat atau konstan bagi seseorang.

Jika kita mencintai seseorang, otomatis kita akan menyayanginya. Berbeda jika kita menyayangi seseorang, belum tentu kita mencintainya. Dalam hierarki emosi dan perasaan, cinta ini memiliki kedudukan lebih dalam daripada sayang. Ketika kita mencintai seseorang, seringkali logika kita nggak berjalan, Bela. Kita selalu memaklumi dan membenarkan apa pun yang dilakukan orang yang kita cintai meski itu salah. Sebanyak apa pun kesalahan yang dilakukan oleh orang yang kita cintai, pada akhirnya kita selalu memaafkannya dan rela berkorban. Jadi nggak heran kalau cinta itu bisa membuat kita buta.

Ketika kamu sudah bertemu cinta, kamu juga akan bertemu dengan yang namanya pengorbanan. Karena tidak ada cinta yang benar-benar nyata di dunia ini tanpa pengorbanan. Jangan langsung percaya ketika seseorang berkata, “Aku cinta padamu” karena kalau dia tidak menunjukkannya lewat tindakan nyata (sebuah pengorbanan), maka semuanya sia-sia.

Ketika kamu merasakan cinta, kamu akan (bahkan wajib) memberikan 100 persen dari yang kamu miliki. Ketika kamu tahu apa yang namanya cinta, kamu tidak akan menuntut dia memberikan balasan. Mengapa? Alasannya ada dua. Pertama, karena kamu cinta pada orang itu dan cinta tidak menuntut. Kedua, karena cinta tidak menuntut, cinta hanya mengharapkan. Kamu akan menunggu, walau kadang kamu tahu penantianmu bakal sia-sia.

Kamu akan tetap memperhatikannya, walau kamu tahu dia memperhatikan orang lain. Kamu tetap memandangnya, walau kamu tahu di bola matanya ada sosok lain yang ia dambakan. Karena cinta berada di kasta paling tinggi, tidak heran tantangannya juga sangat besar.

Kamu yang mengerti cinta, berarti kamu juga mengerti ketika seseorang menjadi duniamu. Seakan-akan, dia jadi gravitasi yang selalu membuatmu jatuh berulang-ulang. Walau ada rasa sakit, tapi kamu indahkan karena dialah yang menjadi pusat duniamu.

Makna sayang

Pengertian sayang sendiri didefinisikan sebagai perasaan yang lembut, perasaan suka atau peduli. Ketika kita menyayangi seseorang, kita masih menggunakan logika, bisa memilih mana yang benar dan yang salah dan tentunya nggak akan dengan mudah memaklumi kesalahan. Ketika sayang, kita cenderung membenarkannya jika orang yang kita sayangi salah meski pada akhirnya orang yang kita sayangi belum tentu menerima.

Rasa sayang ini porsinya lebih besar dari rasa suka. Kalau di depot-depot, bisa dibilang rasa sayang itu porsi jumbo. Rasa sukamu sudah terakumulasi dan kini berubah menjadi rasa sayang. Rasa ingin memiliki, rasa ingin menghabiskan waktu bersama. Kamu bisa dibilang sayang seseorang saat kamu sadar ingin bertemu dengan dirinya setiap hari karena kamu senang dan nyaman di sisinya.

Kamu merasa sayang padanya saat kamu melihat dia dari hatimu, bukan sekadar kulit luarnya saja. Kamu tahu sifat-sifat jeleknya dan berusaha untuk menemukan solusi untuk dirimu pribadi dan juga dirinya. Ketika kamu sayang seseorang, kamu bakalan berusaha supaya kalian berdua bisa bersatu, saling memiliki selamanya. Sebisa mungkin kamu akan menjadi yang terbaik untuknya dan berharap dia juga akan menjadi yang terbaik untuk dirimu. Secara tidak langsung, ada tuntutan walau kesannya lebih halus dan rapi.

Nggak seperti cinta, kasih sayang nggak terdiri dari perasaan bergairah atau romantis. Contoh perasaan sayang bisa diberikan bagi siapa pun tanpa kecuali. Perasaan sayang juga lebih tulus.

Perbedaan cinta dan sayang

Perbedaan cinta dan sayang dari segi makna, cinta memang memiliki perasaan yang dalam dan lebih spesial, sedangkan sayang memiliki makna yang tulus. Perbedaan cinta dan sayang lainnya, jika kita mencintai seseorang, otomatis kita akan menyayanginya. Berbeda dengan sayang, menyayangi seseorang belum tentu mencintainya.

Cinta merupakan keinginan, sedangkan sayang merupakan suatu kebutuhan. Perbedaan cinta dan sayang lainnya, cinta memiliki kecemburuan dan rasa memiliki, sedangkan sayang itu tulus dan luas.