Apa penyebab, gejala dan pengobatan penyakit sembelit pada ikan mas koki ?

Penyakit sembelit ikan mas koki

Penyakit sembelit bisa saja menyerang Maskoki Anda sesekali dalam hidupnya. Kebanyakan Maskoki yang mengidap penyakit ini mengalami masalah dalam kemampuannya untuk memakan dan mencerna dengan baik. Makanan yang tinggi lemak bisa membuat Maskoki tidak sehat. Maskoki butuh makanan hijau dari waktu ke waktu untuk membantu sistem pencernaannya. Kacang polong adalah makanan yang paling baik untuk Maskoki dan sekaligus bisa bertindak sebagai obat pencuci perut yang bagus.

Apa penyebab, gejala dan pengobatan penyakit sembelit pada ikan mas koki ?

Gejala

Ciri-ciri ikan mas koki yang terkena sembelit:

  • Kotoran Maskoki berwarna agak keputihan dan menguntai panjang
  • Maskoki terlihat lesu dan sering berdiam di bawah kolam
  • Perut terlihat membengkak

Pengobatan

Catatan — Sebelum melakukan pengobatan, sebaiknya jangan memberi makan Maskoki selama dua hari.

Berikan kacang polong untuk Maskoki selama dua atau tiga hari sebagai makanan. Pada beberapa kasus dimana perut Maskoki bengkak dan keras, jangan beri makanan selama dua hari. Kemudian berikan sebuah kacang polong yang mengandung sebuah kristal epsom garam di dalamnya. Teruskan memberi kacang polong untuk Maskoki selama dua atau tiga hari.

Jika Maskoki Anda tidak mau memakannya, lakukan langkah-langkah berikut ini. Pegang dan jaga Maskoki Anda dengan menggunakan kain atau handuk yang basah, gunakan botol obat tetes mata, teteskan dua tetes minyak Ikan Cod ke mulut Maskoki. Jangan berikan makanan untuk Maskoki Anda selama kurang lebih dua hari. Kemudian berikan kacang polong pada hari kedua atau ketiga setelahnya.

Pencegahan

Jangan memberi makanan untuk Maskoki secara berlebihan. Aturan pemberikan pakan Maskoki adalah harus bisa dihabiskan dalam waktu 2 menit (maksimal 5 menit). Tentu saja beberapa Maskoki cukup agresif dan gesit untuk menyantap pakan. Oleh karena itu ada juga orang yang menggunakan aturan “makanan harus habis dalam waktu kurang dari satu menit”.

Jangan lupa menjaga kualitas air. Atur pola diet Maskoki Anda secara teratur. Untuk menjaga kesehatan pencernaan Maskoki, berikan makanan sebagai berikut. Berikan sayuran untuk Maskoki seperti daun selada, bayam, kacang polong dan ketimun. Berikan buah sekali dalam satu minggu, misalnya jeruk, kiwi dan anggur. Berikan makanan yang kenyal dan berserat untuk mencegah penyakit Swim bladder. Berikan juga makanan hidup seperti cacing tanah, cacing tubifex, cacing darah, larva nyamuk dan daphnia.

Hal lain yang perlu diperhatikan: Penyakit sembelit harus segera disembuhkan. Jika tidak diperhatikan, penyakit ini bisa mendatangkan efek samping berupa penyakit lain seperti Swim bladder, infeksi organ dalam, maupun penyakit Dropsy.

Penyakit sembelit ini juga bisa muncul karena kandungan nitrat yang tinggi di dalam air, yang dibiarkan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Sumber : http://www.nevadagoldfish.com/2010/11/disease-of-goldfish.html