Penyakit apa saja yang menyerang Ikan Mas Koki ?

Ikan mas koki

Ikan mas koki, sama seperti ikan lainnya, mempunyai musuh utama, yaitu penyakit. Penyakit apa saja yang menyerang Ikan Mas Koki ?

Anda perlu mengetahui karakteristik dari penyaki-penyakit tersebut.

Penyakit I : Bintik Putih (White Spot)

Penyakit bintik putih disebabkan oleh aktivitas dari protozoa bernama Ichthyophtirius multifilis yang terbilang cukup ganas. Serangan protozoa ini ditandai dengan munculnya bintik-bintik kecil berwarna putih di sekujur tubuh ikan. Serangan yang terus berlajut mengakibatkan timbulnya selaput putih, sehingga ikan yang merasa gatal akan menggosokkan tubuhnya ke permukaan apapun dan berenang lambat.

Untuk mengobatinya, Anda bisa mengandalkan larutan Methylene Blue 1 % dengan perbandingan 1 gram dalam 100 cc air. Lalu ambil 2-4 cc dari campuran tersebut dan masukkan ke dalam 4 liter air. Rendam ikan yang berpenyakit di dalam campuran ini selama 24 jam secar berulang-ulang hingga ikan sembuh.

Penyakit II : Lernaea (Cacing Jangkar)

Penyebab utama penyakit lernaea adalah parasit yang menempel di badan ikan mas koki dan menusuknya seperti jarum. Parasit ini lambat laun akan menembus tutup insang, bada, sirip, hingga menuju ke mata. Gejala yang ditimbulkannya tampak dari adanya luka yang terdapat di bagian-bagian tubuh yang terserang.

Pengobatan terhadap penyakit lernaea bisa dilakukan memakai Sumition 50EC atau Dipterex dengan dosis 1 cc/m3 air. Bisa juga dengan merendam ikan koki selama tiga hari berturut-turut di dalam larutan formalin dengan dosis 250 mg/100 liter air. Guna membasmi bibit penyakit, jangan lupa rendam pula akuarium di dalam larutan Tetracyclin dengan dosis 250 mg/250 liter air dalam waktu lima jam selama tiga hari terus-menerus.

Penyakit III : Punctata (Bakteri Aeromonas)

Gejala penyakit yang disebabkan oleh bakteri aeromonas yaitu warna tubuh ikan menjadi suram dan tidak cerah serta kulitnya terlihat mengelepuh. Gaya berenangnya pun tampak lemah sekali layaknya tengah kekurangan oksigen.

Sumber

Kutu ikan

Kutu ikan

Kutu ikan adalah sesuatu yang tidak terlalu sulit untuk dikenali. Jika kutu ikan sedang menyerang Maskoki, Anda pasti bisa melihatnya dengan jelas. Kutu ikan berbentuk cakram pipih sekitar 1/5 inchi yang berwarna hijau transparan dan menempel di tubuh atau sirip Maskoki. Biasanya Maskoki berusaha menggesek tubuhnya di manapun untuk berusaha melepaskannya. Ada juga Maskoki yang menjadi murung dan diam sejak diserang kutu ikan ini. Seringkali Anda bisa melihat ada bercak merah atau luka di tubuh Maskoki bila kutu ikan sudah menyerang. Anda harus menyingkirkan kutu ini segera, atau kutu ini akan bereproduksi dengan cepat. Anda bisa menyingkirkan kutu ini dengan cara manual (dicabut). Setelah itu obati ikan dan pastikan kolam steril dari bibit kutu ikan.

Kutu Jarum

Kutu Jarum

Kutu jarum menempel di tubuh Maskoki dengan bercak seperti luka merah di tubuh Maskoki tersebut. Tidak seperti parasit yang lain, kutu jarum ini menyerang Maskoki meskipun ikan tidak stress. Penyakit ini menjangkit dan menular dengan cepat, oleh karena itu kolam perlu dibersihkan.

insang bakteri (Bacterial grill)

insang bakteri

Sejumlah bakteri dapat dikaitkan dengan penyakit insang bakteri (bacterial grill), tetapi yang paling sering ditemui adalah genus Flavobacterium, Flexibacter, dan Cytophaga. Gejala Maskoki yang mendapat serangan cacing parasit di dalam insangnya antara lain selaput lendir yang berlebihan, terhimpit, sirip yang mengatup, tubuh yang agak “kejang” dan mata yang suka “berkedip”, luka dan borok sebagai akibat dari menggesekkan tubuh. Terkadang Maskoki yang terkena penyakit ini pun suka mengap-mengap di permukaan air, insang menjadi iritasi dan terlihat menyakitkan.

Busuk sirip

Busuk sirip

Busuk sirip adalah penyakit yang muncul karena infeksi oleh bakteri jahat yang menyerang ketika Maskoki dalam keadaan kurang sehat. Penyakit ini ditandari dengan munculnya warna putih di tepi sirip, ekor ataupun tubuh Maskoki. Perlahan namun pasti, bakteri ini kemudian menggerogoti tepi tersebut sehingga sirip, ekor atau tubuh Maskoki terlihat robek dan compang-camping. Kadangkala busuk sirip juga disebabkan oleh jamur. Penyakit busuk sirip sering muncul apabila Maskoki mengalami luka di tubuh atau siripnya. Penyakit ini cukup mudah diobati.

Ichtyopthirius

Ichtyopthirius

Ichtyopthirius adalah penyakit yang paling sering menyerang Maskoki. Ichtyopthirius merupakan parasit yang menyerang dan melekat pada tubuh Maskoki ketika sedang stress. Ketika parasit ini menempel di tubuh Maskoki, mereka menyerap makanan dari tubuh Maskoki tersebut; parasit ini pun terlihat seperti butiran kecil garam. Setelah satu sampai dua hari kemudian, parasit ini kemudian melepaskan diri dari tubuh Maskoki dan mendarat di dasar kolam. Parasit ini mulai bertelur dan berkembang biak. Parasit-parasit ini bisa cukup mematikan jika mereka berkembang biak hingga jumlahnya meningkat drastis.

Penyakit sembelit

Penyakit sembelit bisa saja menyerang Maskoki Anda sesekali dalam hidupnya. Kebanyakan Maskoki yang mengidap penyakit ini mengalami masalah dalam kemampuannya untuk memakan dan mencerna dengan baik. Makanan yang tinggi lemak bisa membuat Maskoki tidak sehat. Maskoki butuh makanan hijau dari waktu ke waktu untuk membantu sistem pencernaannya. Kacang polong adalah makanan yang paling baik untuk Maskoki dan sekaligus bisa bertindak sebagai obat pencuci perut yang bagus.