Apa penyebab, gejala dan pengobatan penyakit kutu jarum pada ikan mas koki ?

ikan mas koki

Kutu jarum menempel di tubuh Maskoki dengan bercak seperti luka merah di tubuh Maskoki tersebut. Tidak seperti parasit yang lain, kutu jarum ini menyerang Maskoki meskipun ikan tidak stress. Penyakit ini menjangkit dan menular dengan cepat, oleh karena itu kolam perlu dibersihkan.

Apa penyebab, gejala dan pengobatan penyakit kutu jarum pada ikan mas koki ?

Gejala

Kutu jarum merupakan parasit yang mudah dilihat, tidak perlu menggunakan mikroskop untuk mendeteksi keberadaannya. Kutu jarum akan menempel di tubuh Maskoki. Tidak seperti kutu ikan, kutu jarum tidak bergerak; kutu ini hanya akan diam di tempat mana kutu ini melekat. Kutu jarum yang menempel di tubuh Maskoki ini masih berada dalam tahap larva. Perlahan larva ini akan berkembang hingga dewasa sehingga hal ini sebenarnya mengancam kehidupan Maskoki.

Penyebab

Seperti yang sudah disinngung di atas, kutu jarum merupakan parasit yang menyerang bukan karena Maskoki sedang stress. Kutu ini bisa terbawa dari ikan baru yang belum dikarantina, atau bahkan dari telur maupun tanaman air lainnya.

Pengobatan

Kutu jarum dapat disingkirkan dengan menggunakan pinset. Tubuh Maskoki yang terluka karena sengatan kutu jarum bisa diberikan yodium atau hidrogen peroksida dengan menggunakan kapas usapan. Untuk perawatan harian, bisa menggunakan krim neosporin. Jika kutu jarum terbawa dari ikan yang baru, maka karantinakan ikan tersebut. Jika seluruh kolam sudah terjangkit, langkah-langkah tambahan perlu dilakukan. Gunakan obat seperti Dimilin atau program solusi mudah yang lain yang diperlukan dalam kasus tersebut. Anchors Away dapat juga digunakan, dan (Dimilin) Diflubenzuron sebagai komposisi utamanya. Garam ikan juga baik untuk digunakan.

Pencegahan

Meskipun kutu jarum berhasil disingkirkan, namun tidak menutup kemungkinan jika larva masih berada di sekitar kolam. Sebelum kutu jarum terlihat kasat mata, mungkin saja penyakit sudah terjadi di insang dan kulit ikan. Selanjutnya infeksi dari luka yang terbuka bisa saja mengancam. Sehingga memberikan makanan yang mengandung obat adalah ide yang baik. Jangan lupa untuk membersihkan seluruh kolam.

Sumber : http://www.nevadagoldfish.com/2010/11/disease-of-goldfish.html