Yuri Milner : Miliuner Rusia Penguasa Internet

Biografi, Yuri Borisovich (Bentsionovich) Milner


Pekerjaan

Businessman: venture capitalist, founder of Digital Sky Technologies (DST Global)

Afiliasi lainnya

  • Fasebook
  • Investments
  • Self made
  • Zynga
  • Groupon

Tempat dan Tanggal Lahir

Moscow, 11 November 1961

Kewarganegaraan

Russian

Pendidikan

Moscow State University
Wharton School of the University of Pennsylvania (MBA)

Total Kekayaan

$2.9 Billion

Peringkat berdasarkan Forbes

  • #73 Richest In Tech (2016)
  • #62 in 2015
  • #17 Midas (2016)
  • #612 Billionaires (2016)
  • #32 in Russia

Riwayat HIdup


Yuri Milner merupakan anak kedua dari intelektual Rusia. Ayahnya, Bentsion Zakharovitch Milner, aktif di bidang manajemen dan organisasi. Dia Kepala Deputi Direktur di Institut Ekonomi dari Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia. Betty Iosifovna Milner, ibu Yuri, bekerja di laboratorium virologi dikelola negara ibukota untuk pengendalian penyakit. kakaknya, delapan tahun diatasnya, adalah seorang arsitek.

Milner belajar fisika teoritis di Moscow State University, lulus pada tahun 1985. Dia melanjutkan untuk bekerja di Lebedev Fisik Institute, salah satu lembaga dari Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia.

Pada tahun 1990, Milner menjadi non-imigran pertama dari Uni Soviet yang pergi ke Amerika Serikat untuk menerima gelar MBA di Wharton School of University of Pennsylvania.

Milner menikah dengan mantan model fashion tinggi dan seniman kontemporer Julia Milner. Mereka dikaruniai 2 orang anak.

Riwayat Karir


Milner memulai karir bisnisnya menjual komputer pribadi di grey makret Uni Soviet. Ketika pemerintah nasional runtuh, ia berhenti menjual komputer untuk mendaftar di Wharton School untuk mendapatkan gelar MBA.

Setelah lulus, Milner menghabiskan paruh pertama tahun 1990-an di Bank Dunia di Washington DC, sebagai spesialis perbankan Rusia dan difokuskan pada pengembangan perbankan sektor swasta. Dia menggambarkan waktunya di Bank Dunia sebagai “tahun yang hilang”, karena menonton dari jauh privatisasi kepemilikan pemerintah selama kepemimpinan presiden Boris Yeltsin. Pada musim semi tahun 1995, Milner ditunjuk oleh CEO dari Alliance-Menatep, sebuah perusahaan broker investasi milik Mikhail Khodorkovsky. Pada Desember 1996 Milner bekerja sebagai Wakil Presiden dan Kepala Investment Management dari Menatep Bank. Dari Februari 1997 sampai Desember 2009, Milner adalah wakil ketua dan kepala divisi investasi Menatep Bank. Pada saat itu, para pelaku pasar menggambarkan dia sebagai “seorang profesional yang terkenal, yang akan membawa bank ke pengalaman berharga dalam lembaga keuangan internasional dan transaksi di pasar investasi Rusia”.

Dari tahun 1997 sampai 2000, Milner adalah Direktur Jenderal dana investasi New Trinity Investasi. Selama periode ini, setelah membaca review oleh analis Morgan Stanley Mary Meeker dari prospek bisnis online, Milner memutuskan untuk membuat sebuah perusahaan internet. Ia mencari pendanaan dari temannya dari Menatep Gregory Finger, yang pada saat itu memimpin cabang Rusia dari dana investasi US New Century Holding.

Pada bulan Januari 2009, sementara di Palo Alto, Milner berkenalan dengan pendiri Facebook Mark Zuckerberg. Pertemuan menyebabkan kesepakatan tanggal 26 Mei 2009 di mana DST membeli saham 1,96% di Facebook sebesar $ 200 juta.

Pada 16 September 2010, Digital Sky Technologies (DST) berubah nama menjadi “Mail.ru Group”. portofolio kelompok termasuk Mail.ru, Odnoklassniki.ru, ICQ, saham minoritas di jaringan sosial VKontakte (Facebook setara Rusia), layanan pembayaran online OSMP.ru, e-Pelabuhan, serta beberapa aset lain di Rusia. kepentingan komersial Milner di Facebook, Zynga, dan Groupon dipindahkan ke DST global. Milner menjadi CEO dari DST Global dan ketua dewan direksi Mail.ru Group. Pada bulan November 2010, Mail.ru Group mengadakan korban di Bursa Efek London.

Pada tanggal 29 Januari 2011 Milner mengumumkan bahwa ia akan menginvestasikan $ 150.000 ke masing-masing peserta program start-up yang dipilih oleh inkubator Y Combinator.

Pada tanggal 2 April 2011, DST global menginvestasikan $ 800 juta Twitter.

DST global menginvestasikan $ 125 juta dalam WhatsApp.

Pada bulan Februari 2014, diumumkan bahwa Milner telah memimpin putaran pendanaan bagi perusahaan cloud-grafis, Otoy.

Pada bulan Mei 2014, Flipkart mengangkat $ 210.000.000 dalam pembiayaan putaran Dipimpin oleh DST global.

Pada bulan Maret 2015, perusahaan fashion mewah secara online British Farfetch mengatakan mengangkat 86.000.000 dari perusahaan investasi DST global dan pemegang saham yang ada, menilai perusahaan pada 1 miliar.

Menurut laporan pers pada bulan April 2015 OlaCabs mengangkat $ 315.000.000 dari DST global dan beberapa investor yang ada.

Pada bulan April 2016, platform online broker hipotek Habito diluncurkan dengan dukungan dari Milner, antara investor fintech lainnya.

Fakta-Fakta


  1. Pada 2013, bersama-sama dengan Kepala Dewan Direksi Apple Art Levinson, pendiri Google Sergey Brin, serta pendiri Facebook Mark Zuckerberg, ia mendirikan yayasan Breakthrough Prize.

  2. Milner menyukai bidang antariksa.

  3. Yuri Milner akan menanamkan dana sebesar 100 juta dolar AS ke dalam proyek peluncuran pesawat ruang angkasa menuju Alpha Centauri .

  4. Mempunyai rumah termahal di AS.

  5. Miler adalah penasihat terpercaya, menurut CEO Zynga Mark Pincus.

  • Target Milner adalah membeli perusahaan internet di seluruh dunia.
  1. Pada Desember, Digital Sky Technologies merupakan investor terbesar di grup yang menggelontorkan uang sebesar Rp1,62 miliar kepada pembuat game populer di Facebook Zynga.

  2. “Yuri memiliki pemahaman bagaimana aplikasi sosial akan berkembang secara global,” ujar Breyer, yang mempromosikan Milner untuk menangani Groupon.

  3. Milner menghabiskan 75% waktunya berkelana untuk menemui pemilik awal dan seringkali berada di Amerika Serikat.

  4. Milner mengawali karirnya sebagai fisikawan teoritis di Moskow sebelum memutuskan tidak bisa hidup hanya dengan penghasilan US$5 (Rp 45 ribu) per bulan. Dia pernah bekerja sebagai supir taksi lalu mendirikan bisnis penjualan komputer IBM di belakang sedan ayahnya Zhiguli.

  5. Pengusaha eksentrik Rusia Yuri Milner menyimpan teleskop di kantornya lantai 57 gedung Nabarezhnaya Tower Moskow. Dengan merujuk portofolio investasinya, teleskop itu bisa saja untuk mengawasi Silicon Valley di AS.

Quotes


“The universe is not teeming with life, but we’re probably not alone. If we were alone it would be such a waste of real estate. But I don’t want to be the judge, I just want to help find an answer.” Yuri Milner

“Facebook is a platform inside a platform.” Yuri Milner

Collectively, it’s one of the world’s largest supercomputers. Yuri Milner

If we’re alone, we need to cherish what we have, the message is, the universe has no backup. Yuri Milner

I’m trying to learn from various corners of the world. Yuri Milner

Referensi


https://www.crunchbase.com/person/yuri-milner#/entity