Yes or No: Seluruh Minimarket Melakukan Hal yang Sama?

Spanduk parkir gratis yang dipasang oleh salah satu gerai minimarket sempat viral dan menjadi pro kontra di masyarakat karena cukup banyak masyarakat yang merasa resah dengan biaya parkir tersebut. Tidak jarang juga seorang penjaga parkir minimarket bersifat memaksa dan mematok tarif yang harus dibayar (tidak seikhlasnya) yang tentunya hal tersebut bisa dikategorikan sebagai tindakan premanisme.

Pasal 368 berbunyi:

Barangsiapa dengan maksud hendak menguntungkan diri sendiri atau orang lain dengan melawan hak, memaksa orang dengan kekerasan atau ancaman kekerasan, supaya orang itu memberikan barang, yang sama sekali atau sebagiannya termasuk kepunyaan orang itu sendiri kepunyaan orang lain atau supaya orang itu membuat utang atau menghapus piutang, dihukum karena memeras, dengan hukuman penjara selama-lamanya sembilan tahun.

Akan tetapi disisi lain terdapat penjaga parkir yang cukup baik, selalu berada di tempat parkir (memang menjaga kendaraan kita). Tidak jarang jika helm terjatuh atau hujan, mereka pindahkan ke tempat yang lebih aman. Selain itu sejak terjadinya pandemi, tentunya banyak memberikan dampak ekonomi pada masyarakat, mungkin menjadi penjaga parkir juga salah satu alternatif atau malah satu-satunya cara bagi mereka untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

Menurut kalian bagaimana jika kebijakan tersebut diterapkan diseluruh minimarket ?

Referensi

https://news.detik.com/berita/d-5784672/viral-parkir-gratis-indomaret-bekasi-lapor-polisi-jika-dimintai-uang-parkir

Yes. Saya setuju kalau kebijakan ini diberlakukan di seluruh minimarket di Indonesia. Karena, jujur saja, keberadaan tukang parkir di depan minimarket ini lama kelamaan mengganggu saya. Saya sering terkena jebakan batman para tukang parkir ini.

Ketika akan pergi ke minimarket mulanya saya lihat tidak ada tukang parkir .Tetapi ketika saya akan keluar, tiba-tia muncullah tukang parkir ini seperti jailangkung. Minta uang parkir tanpa dijaga pula motor saya, disabrangkan saja tidak! Benar-benar keterlaluan.

Sangat setuju. Tidak dapat dipungkiri bahwa minimarket selalu menargetkan tarif parkir perjam. Terkadang kita sebagai konsumen yang ingin berbelanja disebuah minimarket untuk membeli beberapa barang kebutuhan dirumah yang sudah habis dan harus distock dan memilih membelinya diminimarket sebab dianggap lebih lengkap. Namun akibat terlalu lama berkeliling mencari barang yang diperlukan bisa sampai berjam-jam dan ketika sudah selesai dan ingin pulang akan dikenakan tarif parkir yang kita bilang itu ga worth it sih.