Yang istimewa dari Goa Jatijajar itu apa?

goa jatijajar

Goa Jatijajar adalah sebuah goa dengan pemandangan eksotis yang berada di Jawa tengah, tepatnya sih di Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen, Desa Jatijajar, Jawa Tengah. Goa ini terbentuk dari bebatuan kapur, apalagi yang istimewa dari Goa Jatijajar?

Ketika baru pertama kali menginjakan kaki di Goa Jatijajar, kalian akan disambut dengan jembatan buatan yang sudah dihiasi dengan lampu warna-warni yang membuat suasana goa jauh dari kesan mistis.

Semakin kedalam, kita akan melihat berbagai pemandangan menarik lainnya. Di goa ini terdapat banyak sekali patung-patung pendekar zaman dahulu dan diorama yang mengisahkan tentang legenda Raden Kamandaka dan Lutung Kasarung. ketika masuk semakin dalam lagi, kalian akan dibuat takjub dengan sungai yang dianggap mitos oleh penduduk setempat, yakni sungai “Sendang Mawar”. Warga setempat percaya jika membasuh muka dengan air sungai ini akan memperoleh keberuntungan dan awet muda.

Selain sungai Sendang Mawar, terdapat tiga sungai lainnya yang bisa kalian temukan yakni Sendang Jombor, Sendang Puser Bumi, dan Sendang Kantil. Untuk sungai Sendang Mawar dan Sendang Kantil sudah diperbaharui untuk memudahkan pengunjung yang ingin merasakan kesegaran air sungainya, sedangkan dua sungai lainnya masih alami dan belum dilakukan perubahan apapun.

Sumber: