Wisata apa yang dapat dikunjungi saat Gunung Agung siaga?

bali

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan sejumlah objek wisata di Pulau Bali aman bagi wisatawan kendati terjadi peningkatan status Gunung Agung. Lalu wisata apa saja yang dapat dikunjungi jika Gunung Agung berstatus siaga?

Berikut beberapa destinasi wisata di Pulau Dewata yang aman untuk dikunjungi wisatawan saat Gunung Agung Siaga:

  1. Ubud
    Ubud masih tergolong aman untuk berwisata. Anda bisa mampir ke Tegalalang untuk melihat hamparan terasering, melihat karya seni di Museum Antonio Blanco, juga trekking di Campuhan Ridge Walk. Pura Taman Saraswawati Ubud dengan hamparan bunga teratai berwarna merah muda spot foto yang instagramable. Monkey Forest juga tak boleh ketinggalan dikunjungi. Di sini, Anda bisa bertemu dan berinteraksi dengan puluhan monyet yang berkeliaran. Yang gemar berwisata olahraga, Anda bisa mencoba rafting di sepanjang Sungai Ayung. Anda juga bisa mengunjungi Pura Tirta Empul Tampaksiring dan Goa Gajah.

  2. Nusa Penida Pulau
    Nusa Penida dikenal dengan panorama alam bawah lautnya, dengan terumbu karang yang masih alami dan beragam jenis ikan. Di pulau ini Anda bisa menyambangi Pantai Penida, Pantai Atuh, Pura Batumedawu, Pura Goa Giri Putri, Pura Dalem Ped, Puncak Mundi, dan beberapa sumber mata air di selatan Nusa Penida yang menawarkan pemandangan tebing sisi laut setinggi 200 meter.

  3. Denpasar
    Denpasar yang dikenal sebagai ibu kota Provinsi Bali rupanya tak kalah ramai. Di Denpasar, Anda bisa mampir ke Monumen Perjuangan Rakyat Bali yakni di kawasan Lapangan Puputan Renon atau lebih dikenal dengan Lapangan Renon Denpasar. Di Monumen Bajra Sandhi, wisatawan akan mendapatkan gambaran miniatur Bali dari beberapa zaman. Pantai Sanur terletak di timur Kota Denpasar. Ada juga Pantai Padang Galak, Pantai Sindhu, Pantai Mertasari dan beberapa pantai lain. Di tempat ini juga dilengkapi dengan pasar seni yang menjual aneka kaus, baju dan pernak-pernik khas Bali. Harganya juga tidak jauh beda dengan yang dijual di pasar oleh-oleh.

  4. Pulau Menjangan
    Pulau Menjangan di bagian barat Bali menyuguhkan pemandangan bawah laut yang menawan. Terletak 10 km di lepas pantai barat laut Bali, pulau kecil Menjangan merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat. Di sini kita bisa menemui banyak satwa langka. Anda juga bisa melakukan aktivitas bird watching. Karena keindahan alam Taman Nasional Bali Barat inilah Bali dikenal dengan sebutan ‘Pulau Dewata’, ‘Pulau Seribu Pura’, atau ‘Pulau Surga’. Pulau Menjangan juga memiliki wall untuk diving yang disebut-sebut terbaik di Bali.

  5. Pantai Lovina
    Berlokasi di bagian utara Pulau Bali, Pantai Lovina menyajikan keindahan sunrise yang cantik ditemani lumba-lumba di laut lepas. Anda bisa menyaksikannya sekitar pukul 06.00 hingga 08.00 WIB. Anda juga bisa snorkeling di pantai ini.

Sumber:
https://travel.kompas.com/read/2017/11/27/200500927/5-destinasi-di-bali-yang-aman-dari-dampak-letusan-gunung-agung