Wisata alam lebih menyenangkan daripada wisata buatan, apa iya?

labuan bajoo

Semenjak virus Covid-19 menyerang semua kegiatan kita dibatasi, termasuk waktu kita untuk liburan. Namun usai menurunnya kasus virus corona atau new normal, minat semua orang untuk berlibur semakin tinggi karena rasa bosan yang selama ini memaksa kita untuk diam dirumah. Selain tren traveling yang makin beragam, munculnya banyak destinasi wisata baru di Indonesia akan mendorong masyarakat untuk lebih giat liburan.

Berdasarkan hasil survei Pegipegi, lebih dari 78 persen responden memilih traveling ke destinasi yang menyajikan pemandangan alam yang indah. Hal itu dirasa karena dapat menghilangkan stress, dan menyegarkan pikiran dari rutinitas kerja dirumah. Nah menurut Youdics sendiri, benarkah wisata alam lebih menarik dan menyenangkan daripada wisata buatan/ hiburan biasa?

Iya saya setuju sekali. Wisata alam lebih menyenangkan apalagi dengan udaranya yang menyegarkan dapat membuat kita relaks dan merasakan sensasi alam yang segar. Meskipun cape diperjalanan untuk mencapai tujuan wisata alam tersebut, namun nanti ketika melihat keindahan alam yang disuguhkan pasti cape tersebut hilang dan takjub dengan pemandangannya. Udara dan pemandangan wisata alam memang membuat kita lupa dengan penatnya keseharian kita di rumah.

Saya setuju dengan pendapat Kak Risma. Menurut saya memang wisata alam lebih menarik dan lebih banyak diminati oleh masyarakat. Selain lebih murah, wisata alam sering dijadikan sebagai sarana self healing.

Berwisata alam memberikan banyak dampak positif bagi kita. Dilansir dari ww.idntimes.com, terdapat bebrapa dampak positif dari berwisata alam yaitu :

  1. Wisata alam bisa meningkatkan kreativitas
  2. Membuat badan lebih bugar
  3. Sinar matahari membuat badan kita menjadi lebih sehat
  4. Membuat pikiran menjadi lebih rileks
  5. Meningkatkan mood
    6.Meningkatkan tingkat konsentrasi dan perhatian
  6. Udara yang bebas polusi
    8.Pikiran menjadi lebih terbuka sehingga memudahkan munculnya ide
    9.Kita lebih menghargai hidup

[9 Dampak Positif Berwisata Alam, Yuk ke Gunung dan Pantai!]

Setuju sekali wisata alam lebih menyenangkan, menurut saya pribadi karena

  1. Wisata alam itu merupakan tempat yang menenangkan dengan memanddang indahnya alam seperti gunung, hamparan kebun teh, bukit, pantai membuat saya rileks dan seakan takjub serta kagum dengan ciptaan Tuhan yang begitu indah :’)
  2. Lebih menantang, seperti menaiki banyaknya tangga menuju air terjun, mendaki gunung, berlari-lari di pantai, main banana boat dipantai
  3. Biaya masuk tempat wisatanya lebih murah

Mungkin 3 alasan tersebut cukup membuat saya lebih memilih destinasi wisata alam

Menurut saya pribadi setuju dengan hal itu. Karena namanya saja juga alam, alam sendiri identik dengan hal yang masih natural. Tidak ada campur tangan dari manusia. Wisata alam pun jika dinikmati sangat indah di pandang mata. Seperti hal yang menakjuban yang belum pernah kita kunjungi sebelumnya. Seperti pantai dan gunung atau perbukitan yang asri. Akan menimbulkan rasa yang alami dan enak di pandang mata dan indah dinikmati.

setuju banget, aku pribadi prefer wisata alam karena kayak lebih berasa feel healingnya terutama kayak hidrological sources seperti sungai, air terjun, pantai, dl. Sejalan dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Pessot et al (2021) yang menyatakan bahwa wisata alam berhubungan positif dengan kesejahteraan fisik maupun psikologis. Manfaat paling nyata terkait dengan aspek psikologis kesehatan, dengan fokus utama pada relaksasi, penghilang stres, dan spiritual kesejahteraan.

Sumber :
Pessot, E., Spoladore, D., Zangiacomi, A., & Sacco, M. (2021). Natural resources in health tourism: A systematic literature review. Sustainability , 13 (5), 2661. retrieved 4 August from https://www.mdpi.com/1017800

Saya pribadi setuju dengan pernyataan ini. Karena menurut saya wisata alam lebih menarik dan biasanya pemandangan nya indah dan natural tanpa buatan, sehingga kalau pergi kesana akan lebih membuat feel terasa tenang dan nyaman.

Wah saya sangat setuju. Saya merupakan tipikal orang yang sangat menyukai wisata alam, baik itu pantai, gunung, danau dan lain sebagainya. Wisata alam menawarkan banyak kegembiraan, seperti pemandangan alam yang mempesona, udara yang bersih dan segar hingga suasana yang menenangkan. Hal tersebut seakan membuat kita menyatu dengan alam. Selain itu, berwisata di alam bebas juga memberikan manfaat, yakni:

  1. Membangun Kretifitas Diri
  2. Menjaga Kebugaran Tubuh
  3. Mengurangi Stress
  4. Memperbaiki Mood (suasana hati)
  5. Meningkatkan Semangat dan Energi
Summary

Manfaat wisata alam, dari melepas stress hingga tingkatkan kreativitas
https://tempatwisataunik.com/info-wisata/wisata-alam/keunggulan-wisata-alam

saya rasa kenapa wisata alam lebih menarik daripada wisata buatan/hiburan biasa dikarenakan kita yang sudah terbiasa akan scenery buatan dan juga telah mumet degan rutinitas sehari-hari. dengan menikmati wisata alam, yang jarang-jarang kita bisa melihat, tentu banyak manfaat positif yang didapat. dari mulai mood meningkat, meningkatkan kesehatan, dan dampak positif pada psikologis lainnya.

Wisata alam menurut saya lebih menyenangkan karena pemandangan dan apa yang disajikan serba alami semua dari alam yang indah, dan itu menyejukkan mata. Selain itu juga biasanya rindang luas jadi enak sekali datang kesana untuk menghirup-hirup udara segar. Untuk berwisata keluarga camping atau acara keluarga gitu wisata alam enak banget, karena terbuka. Tapi yang buatan juga ndk kalah menyenangkan bisa dipakai untuk destinasi foto-foto dll.

Tentu saja. Karena wisata alam merupakan mahakarya Tuhan yang tidak akan mampu disaingi oleh manusia. Memang, wisata buatan juga menyenangkan seperti halnya wahana, taman bermain, dll. Namun rasa menyenangkan, sensasi, suasana dari wisata buatan tidak akan mampu mengalahkan bahkan menyamai ciptaan dari Tuhan. Wisata alam terbentuk dari peristiwa alam yang memerlukan waktu sangat lama dan tentunya sangat unik. Setiap wisata alam memiliki keunikan tersendiri dan tidak akan sama satu dengan yang lain. Contoh saja, wisata alam raja ampat, kita tidak akan menemukan pemandangan, sensasi, serta keindahan yang sama persis dibelahan dunia manapun. Dan itulah yang membuatnya menjadi istimewa. Sedangkan wisata buatan yang hakikatnya dibuat jadi sangat mungkin kita menemukan wahana atau taman bermain yang sama persis dengan yang ada di belahan dunia lain

Aku sependapat dengan teman-teman di atas. Wisata alam memang lebih asik dan menyenangkan karena membuat kita merasakan sensasi yang berbeda ketimbang berwisata di wisata buatan. Walaupun terkadang untuk sampai kesana harus melewati perjalanan yang begitu sulit bahkan sangat menguras tenaga, tapi rasa lelah bisa sekejap langsung hilang karena terbayarkan oleh wisata alam yang sangat indah. Manfaat berwisata ke wisata alam juga sangat banyak, sehingga tidak ada alasan kenapa berwisata ke wisata alam tidak menyenangkan.

Menurut saya baik wisata alam maupun wisata buatan sama menyenangkannya.
Setiap individu memiliki pandangan yang berbeda terhadap kesenangan dalam berwisata, ada orang yang dapat menikmati keduanya, ada pula yang hanya menyukai wisata buatan karena menganggap wisata buatan lebih modern dan tidak perlu mengeluarkan tenaga lebih untuk menikmatinya, tidak seperti wisata alam yang memerlukan perjalanan kaki yang jauh misalkan hanya untuk melihat air terjun diatas bukit.

Saya pribadi sangat setuju dengan statement tersebut. Wisata alam dapat membuat kita lebih tenang dan fokus, melepaskan segala kegelisahan, memberikan efek positif bagi tubuh dan jiwa kita.

Wisata alam juga memberikan manfaat bagi kesehatan karena kita dapat menghirup udara yang lebih bersih dan mendapatkan sinar matahari yang cukup. Memberikan ketenangan, melepas stres, dan dapat meningkatan kreativitas.

Kalau menurutku baik wisata alam maupun buatan masing-masing memiliki daya tarik yang mampu memanjakan pengunjung, keduanya memiliki pasarnya masing-masing. Ada orang yang lebih menyukai suasana alam, ada juga yang lebih menikmati jenis wisata buatan, ada juga yang menyukai keduanya.

Saya sangat setuju dengan survei diatas. Berdasarkan pengalaman, wisata alam memang punya efek relaksasi bagi tubuh dan pikiran. Terutama untuk orang-orang dewasa yang punya banyak tanggungjawab baik dalam pekerjaan maupun keluarga. Mungkin wisata buatan juga menarik sih bagi mereka yang berusia belia. yang pada umumnya bepergian untuk bersenang-senang.

Ya, saya juga setuju dengan pernyataan ini. Selain karena alasan di atas, wisata alam dengan lingkungan yang asri dan sejuk juga dapat menghilangkan penat selama di rumah saja atau rutinitas sehari-hari. Juga, sepertinya karena sudah muak dengan lingkungan perkotaan, maka wisatawan lebih memilih berlibur ke tempat wisata alam dengan suasana baru yang lebih menenangkan dan sehat pastinya. Dan melihat pemandangan alam yang menakjubkan dapat memanjakan mata dan mengembalikan mood menjadi lebih baik lagi.
Wisata buatan memang menyenangkan, namun wisata alam jauh lebih menyenangkan. Intinya, wisata alam lebih works dan worth it dalam mengatasi rasa penat dari rutinitas sehari-hari.

Menurut saya, iya! Apalagi jika tujuan utama wisatanya itu untuk healing, jelas wisata alam jadi pilihan yang lebih baik daripada wisata buatan. Melihat pemandangan alam saya rasa bisa menyegarkan pikiran kembali. Merasakan angin, mendengar suara ombak, dedaunan, bersentuhan dengan air, sangat menyenangkan dan seperti mendapat kebebasan (terlebih setelah kondisi pelik seperti sekarang ini).

Bagaimanapun, buatan Tuhan memang jauh lebih dibanding buatan manusia. Ya walaupun bukan berarti buatan manusia itu buruk, ya.