William Ding : Orang yang Mendirikan NetEase

William Ding : Orang yang Mendirikan NetEase

Biografi, Ding Lei


Pekerjaan
Pendiri dan CEO NetEase

Afiliasi lainnya
• Blizzard Entertainment
• China Telecom
• NetEase Cloud Music

Tempat dan Tanggal Lahir
Ningbo, Zhejiang, 1 Oktober 1971

Kewarganegaraan
China

Pendidikan
Bachelor of Arts / Science, University of Electronic Science and Technology of China

Total Kekayaan
US$ 12,7 Billion Dollar - 168 Trilliun Rupiah (2016)

Peringkat berdasarkan Forbes
• 17 Richest In Tech (2016)
• 5 China Rich List (2016)
• 10 China Rich List (2015)
• 141 Billionaires (2016)
• 8 Billionares in China (2016)

Riwayat Hidup


Ding Lei atau yang biasa dikenal sebagai William Ding lahir pada 1 Oktober 1971 di Fenghua, Ningbo, Zhejiang China. Ia lulusan Chengdu College of Elektronik Science and Technology atau sekarang University of Electronic Science and Technology of China dan memperoleh gelar sarjana muda. Pembimbing skripsi Ding ini melukiskan mahasiswanya yang satu itu sebagai anak muda yang energik, punya antusiasme tinggi.

Selama kuliah, hampir setiap hari Ding membaca di perpustakaan universitas yang memiliki koleksi 100 ribu buku. Salah satu hal yang paling menarik perhatiannya adalah konsep Compuserve, salah satu bentuk awal komunikasi data dan cikal bakal Internet yang kita kenal sekarang. Prof. Feng ingat hal ini karena Ding sering mengajukan pertanyaan aneh. Maklum pada awal 1990-an itu internet masih barang asing di Cina, bahkan bagi seorang dosen ilmu komputer.

Riwayat Karir


Ding muda memulai karier profesionalnya di China Telecom, di Ningbo, kota kelahirannya di Provinsi Zhejiang, setelah menyabet gelar sarjana muda dari University of Electronic Science and Technology of China, Chengdu, pada 1993. Rasa ingin tahu yang besar itulah agaknya yang membuat Ding hanya bertahan dua tahun sebagai technical engineer. Pada 1995, setelah cukup paham teknologi dasar TCP/IP, dia hengkang ke Sybase (China), perusahaan Amerika Serikat di bidang peranti lunak database, di Guangzhou. Akan tetapi, hanya setahun, lagi-lagi Ding meninggalkan posisinya yang mapan sebagai Manajer Proyek Regional. Dia pindah ke Guangzhou Feijie Co. Dan, beberapa bulan kemudian memutuskan tidak bekerja buat orang lain lagi.
Setelah itu ia bekerja satu tahun di Guangzhou Fejie Co. Sebagai sistem analis dari Juni 1996 sampai April 1997, setelah lulus dari University of Electronic Science and Technology of China ia bekerja dua tahun di China Telecom Ningbo Branch sebagai insinyur teknik. Setelah bekerja untuk departemen lokal sebagai insinyur, William Ding pindah ke Guangzhou dan ia mulai bekerja di Sybase.
Dia keluar dari Skybase dan memakai uang hasil kerjanya disana untuk memulai start up NetEase di Guangzhou. Dia menjabat sebagai manajer arsitek NetEase.com pada Maret 2001 hingga November 2005. Setelah itu ia menjadi CEO dari NetEase hingga saat ini.

Fakta-fakta


  1. William Ding berada di urutan kedua dari orang terkaya yang sukses dalam industri game.
  2. Ding sempat bekerja untuk departermen lokal sebagai insinyur sebelum akhirnya pindah ke Ghuangzou.
  3. Dia pernah bekerja di Sybase.
  4. Perusahaan yang ia dirikan (NetEase) mempunyai viewers harian sekitar 4,2 miliar dan diperkirakan meraup estimasi keuntungan sebesar 2 juta dollar tahun ini.
  5. Ding terinspirasi mendirikan NetEase setelah berselancar di internet sejak pertama kali pada tahun 1995.
  6. Beberapa game online yang pernah ia buat adalah World of Warcraft, Heroes of Tang Dynasty II, Soul of the Fighter dan Kung Fu Master.
  7. Ding pernah sempat bekerja sebagai sistem analis di Guangzhou Feijie Co. Dari Juni 1996 sampai April 1997.
  8. Dia mendapat gelar sarjana muda dalam bidang teknologi komunikasi di University of Electrinoc Science and Technology of China.
  9. Nama asli dari William Ding adalah Ding Lei.
  10. William Ding merupakan orang yang sopan dan rendah hati meskipun sudah memiliki harta yang berlimpah, terubukti dalam sebagian besar pernyataannya mengatakan bahwa menjadi kaya bukanlah sesuatu yang penting baginya.
  11. Nama NetEease diambil dari bahasa inggris “net easy” artinya ding ingin membuat internet mudah untuk digunakan oleh masyarakat.
  12. Pada 31 Desember 2015, karyawan NetEase mencapai 12.919 orang.
    Quotes

“What I have today is because of yesterday, but what’s in me right now creates the future” William Ding
“Life is like chocolates with liquor, you never know what’s inside” William Ding
“I feel tired sometimes and miss my good old days hanging around the internet, but I’ve never worked for anything but my dreams" William Ding
“Nothing is easy if one has no idea of where to go” William Ding
“People who want to be strong always create opportunities” William Ding

Referensi :
http://www.forbes.com/profile/william-ding/
https://en.wikipedia.org/wiki/Ding_Lei
https://successstory.com/people/ding-william-lei
http://www.therichest.com/celebnetworth/celebrity-business/men/william-ding-net-worth/
http://www.bloomberg.com/research/stocks/people/person.asp?personId=757777&privcapId=416512
http://ir.netease.com/phoenix.zhtml?c=122303&p=irol-faq