Waktu ibarat pedang

Waktu ibarat pedang
[WAKTU IBARAT PEDANG]

Salah satu ciri seorang muslim yaitu dapat menghargai waktu. Waktu adalah sesuatu yang unik, tidak dapat digantikan, tidak dapat disimpan tanpa digunakan bahkan tidak bisa didapatkan dengan uang.

Di dalam Al-Qur’an banyak sekali ayat yang membicarakan mengenai waktu. Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman dalam QS. Luqman 31: 29 yang berbunyi: “Tidakkah engkau memperhatikan, bahwa Allah memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam dan Dia menundukkan matahari dan bulan, masing-masing beredar sampai kepada waktu yang ditentukan. Sungguh, Allah Maha Mengetahui terhadap apa yang kamu kerjakan.”

Allah selalu melihat apa yang dilakukan oleh umat-Nya. Tak pernah lepas sedikitpun termasuk semut kecil yang berada di dalam tanah. Waktu merupakan harta termahal, waktu begitu cepat berlalu melewati kita dan tak akan mungkin kembali.

Menurut pepatah Arab, waktu ibarat pedang yang memiliki makna jika dimanfaatkan dengan baik maka akan berguna. Namun, jika tidak dimanfaatkan dengan baik justru seperti memotong leher diri sendiri. Ibarat sebuah pisau atau pedang akan sangat bermanfaat bila kita memanfaatkannya dengan baik tetapi akan membahayakan diri kita bahkan orang lain jika pandai memanfaatkannya.

Dari pepatah tersebut kita tau bahwa waktu harus dikelola dengan baik dan benar agar bermanfaat baik untuk diri kita sendiri maupun orang di sekitar kita. Semoga kita senantiasa memanfaatkan waktu dengan baik karena waktu merupakan modal bagi kehidupan seorang Muslim yang bertaqwa.

#30HariBersamaDictio
#RamadhanChallenge2021
#Sukabacasukadiskusi
#DictioCommunity
#Day1ofRamadhanKareem