Unsur-Unsur Aliran Neo Klasikisme

Aliran Neo-klasikisme dipengaruhi oleh seni rupa klasik Yunani yang selalu dilandasi oleh keseimbangan dan keharmonisan, idealisme, serta homosentris. Apa saja unsur-unsur yang terdapat di dalam aliran ini?

  • Keseimbangan atau balance
    Keseimbangan dalam pembuatan sebuah karya seni sangat penting dan berpengaruh terhadap keindahan karya. Biasanya pengaturan tata letak sangat menentuan keberhasilan proses pembuatan suatu karya. Pengaturan tata letak dapat berbentuk simetris atau asimetris.

  • Keharmonisan atau keselarasan
    Dalam pembuatan sebuah karya seni ada jaman neo klasikisme, para seniman dalam berkarya seni sangat membutuhkan ketenangan batik serta kedamaian hati sehingga hasil karya yang dihasilkan benar benar dapat dinikmati keindahannya.

  • Homosentris
    Semua bentuk bentuk karya seni, termasuk lukisan, pada zaman dahulu neo klasikisme menganggap bahwa manusia itu sebagai pusat segalanya sehingga bentuk penggambaran manusia dibuat lebih ideal. Karya seni lukis pada waktu itu digunakan untuk kepentingan kalangan istana.

  • Idealisme atau Gagasan Nyata
    Katya seni yang dihasilkan harus sesuai dengan kenyataan yang ada (aslinya), contohnya, kalau membuat suatu lukisan wanita harus digambar yang cantik, kalau membuat lukisan priya, digambarkan sesuai dengan bentuk yang dieal, contohnya gagah, dan tampan.