Unggulnya Sektor Pertanian Saat Pandemi, Apa Upaya Untuk Mempertahankannya?

PicsArt_07-19-01.24.43

Pada masa pandemi, banyak sektor di Indonesia yang mengalami guncangan perekonomian. Namun, sektor pertanian justru semakin tumbuh dan mengalami pergerakan yang positif. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), sektor pertanian mengalami pertumbuhan sebesar 1,75% di sepanjang tahun 2020. Produk hasil pertanian diketahui sangat dibutuhkan oleh masyarakat setiap harinya. Terlebih saat ini, semakin banyak masyarakat yang menjalani gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi buah dan sayur untuk menunjang kesehatannya.

Menurut Youdics, apa upaya yang bisa dilakukan untuk mempertahankan pergerakan positif sektor pertanian di masa pandemi ini?

Referensi

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20210223130616-92-609773/pertanian-diklaim-lebih-kuat-dari-industri-saat-pandemi

1 Like

Adanya pertumbuhan sektor pertanian di era pandemi disebabkan karena sektor pertanian adalah sektor yang selalu dibutuhkan keberadaannya oleh masyarakat, tak peduli apapun kondisinya karena mereka tetap butuh makan. Karena itu, upaya yang dapat dilakukan untuk mempertahankan dan meningkatkan laju pertumbuhan sektor pertanian dengan memanfaatkan momen pandemi adalah:

  1. Meningkatkan perhatian terhadap nasib para petani
    Saat ini kampanye penanganan Covid-19 masih lebih sering dilakukan di perkotaan sedangkan petani juga merupakan salah satu profesi yang sering mengalami ketidakpastian, baik dari alam maupun realisasi pasar. Pemerintah pusat maupun daerah perlu berdialog intensif dengan petani dan pelaku pertanian untuk menggali permasalahan dari hal besar hingga hal mendetail di lapangan. Masyarakat umum harusnya juga memperhatikan nasib para petani di desa karena mereka juga dapat berstatus sebagai rakyat kurang mampu. Penyaluran bantuan atau penggalangan dana juga sah-sah saja jika ditujukan kepada rakyat kecil di desa.

  2. Meningkatkan efisiensi distribusi pasokan bahan pokok
    Adanya pandemi Covid-19 justru menyebabkan peningkatan permintaan terhadap bahan pokok di pasar. Dengan demikian, diperlukan intervensi pemerintah untuk mengatur agar distribusi bahan pokok dapat selalu merata sehingga menghindari risiko kelangkaan. Distribusi pasokan harusnya juga mengutamakan permintaan di kota-kota besar karena adanya permintaan yang sangat tinggi lebih rawan mengalami kelangkaan.

  3. Sektor pertanian tanaman pangan harus tetap diberi izin untuk berproduksi
    Sektor pertanian tanaman pangan termasuk dalam kategori sektor kritikal sehingga jika terdapat pemberlakuan pembatasan kegiatan seperti PSBB atau PPKM seharusnya tetap diberikan izin produksi sepenuhnya yang tentunya tetap memerhatikan protokol kesehatan secara disiplin.

  4. Ruang bagi para akademisi dan peneliti untuk mengkaji kelemahan yang masih ada
    Hadinya pandemi Covid-19 memberikan ruang eksperimen kepada sistem pertanian untuk diuji dan dikaji untuk menemukan kelemahan dan ruang perbaikan agar ketahanan pangan dan cita-cita swasembada pangan di masa yang akan datang dapat dicapai.

Sumber

Strategi Ekonomi Sektor Pertanian di Tengah Pandemi Covid-19 | SDGs Center