Umur berapa anak boleh membersihkan karang gigi dengan scaling?

karang gigi

Umur berapa anak boleh membersihkan karang gigi dengan scaling?

Karang gigi bisa muncul kapanpun setelah si kecil memiliki gigi susu lengkap. Pada usia dua sampai enam atau tujuh tahun ini, biasanya gigi anak lebih rentan untuk mengalami masalah seperti plak atau karang gigi. Di usia ini juga anak memiliki risiko tinggi terkena karies atau pembusukan gigi karena biasanya telah diperkenalkan pada makan-makan manis dan kadar gula tinggi.

Jika memang gigi anak banyak ditemukan karang gigi, ia boleh saja melakukan scaling di dokter gigi. Scaling gigi tidak memiliki batas usia tertentu. Anak Anda bisa saja scaling mulai usia berapapun, asal memang anak Anda sudah punya gigi dan giginya perlu dibersihkan.

Tentunya keputusan ini akan lebih bijak lagi jika dilakukan atas anjuran dokter gigi anak. Dokter akan mencari tahu apakah anak Anda benar memerlukan scaling, dan jika ya, memberi tahu Anda seperti apa prosesnya dan apa kemungkinan risikonya (jika ada). Dokter juga terlebih dulu melihat kondisi kesehatan dan riwayat kesehatan gigi si kecil.

Untuk itu, penting bagi Anda untuk rajin memeriksakan gigi si kecil bahkan sebelum giginya tumbuh lengkap. Anda bisa mulai membawa si kecil ke dokter gigi anak saat gigi pertamanya mulai tumbuh. Selanjutnya, Anda bisa menjadwalkan enam bulan sekali untuk pergi ke dokter gigi anak untuk memeriksakan secara rutin kondisi serta kebersihan gigi buah hati Anda.

Sumber : 3 Cara Menghilangkan Karang Gigi pada Anak - Hello Sehat