Ukuran penting yang ideal bagi English Cocker Spaniel

Seperti apa ukuran yang penting bagi English Cocker Spaniel?

Panjang dari tulang dada ke paha belakang adalah sedikit lebih panjang daripada panjang dari bagian tertinggi punggung (withers) ke tanah. Badannya harus mempunyai panjang yang cukup sehingga memungkinkan untuk memperoleh langkah yang lurus dan bebas; Anjing ini tidak boleh terlihat panjang dan rendah (ceper).

KEPALA

Untuk mendapatkan bentuk kepala yang proporsional, yang mana harus harmonis atau balance dengan bagian lainnya, American Cocker Spaniel harus memiliki ekspresi wajah yang pintar (intelligent), siaga (alert), lembut (soft) dan menarik (appealing).

Tengkorak : Bulat tetapi besarnya tidak berlebihan dengan tidak ada kecenderungan rata; alis mata jelas terlihat. Struktur tulang dibawah mata terbentuk dengan jelas

Stop : Nyata dan jelas.

Hidung : Memiliki ukuran yang cukup untuk menyeimbangkan moncong dan bentuk depan wajah, dengan lubang hidung yang terbentuk dengan sempurna seperti tipikal sporting dog. Hidung berwarna hitam pada anjing: Black, Black& Tan, dan Black&White; sedangkan untuk anjing warna lainnya, hidung boleh berwarna coklat tua, coklat hati atau hitam, semakin gelap warnanya semakin baik. Warna hidung harus serasi dengan warna lingkar mata.

Moncong : Lebar dan dalam. Untuk keseimbangan yang tepat, jarak antara stop sampai pada ujung hidung adalah satu setengah dari jarak antara stop sampai pada ujung tengkorak.

Bibir : Bibir atas penuh dan memiliki ketebalan yang cukup untuk menutupi rahang bawah.

Rahang/Gigi : Rahang kotak dan rata. Gigi kuat , tidak terlalu kecil dan memiliki gigitan yang menggunting (scissor-bite).

Pipi : Tidak menonjol keluar.

Mata : Bola mata bulat dan penuh dengan arah pandangan lurus ke depan. Bentuk dari lingkar mata agak menyerupai seperti bentuk almond (almond-shaped); mata tidak boleh kelihatan seperti mengantuk ataupun mebelalak/melotot (googled-eyes). Selaput pelangi mata berwarna coklat tua, dan semakin gelap lebih baik

Telinga : Pangkal telinga kecil dan semakin melebar kebagian bawah, telinga panjang dengan bulu yang panjang, dan letaknya tidak lebih tinggi dari garis yang sejajar dengan bagian bawah mata.

LEHER

Leher cukup panjang untuk memudahkan hidung mencapai tanah; berotot dan bebas dari kerutan (throatiness). Lehar tegak dan terletak dengan kokoh pada bahu dan sedikit melengkung diujungnya yang menyatu pada bagian kepala.

BADAN

Topline : Sedikit menurun (sloping).

Punggung : Kuat dan menurun secara merata; sedikit menurun dari bahu sampai pada pangkal ekor.

Dada : Dalam, dan bagian paling bawahnya tidak lebih tinggi dari kedua sikunya. Bagian depannya harus cukup lebar untuk tempat organ hati dan paru-paru, tetapi juga tidak lebar sekali, sehingga bisa mengganggu gerakan kaki depannya pada saat berjalan maju. Rusuknya dalam dan mengembang dengan baik.

EKOR

Biasanya di-docking. (Note : Karena sebagian besar negara-negara di Eropa dan beberapa negara lainnya telah memberlakukan aturan untuk tidak boleh melakukan docking, oleh sebab itu ada penambahan pasal khusus mengenai ekor yang tidak di-docking)