Tutorial Mudah Memasang Decal pada Gundam

Tutorial Mudah Memasang Decal pada Gundam

Salah satu cara yang paling mudah yang dapat dilakukan newbie dalam membangun gunpla menjadi lebih keren adalah lining, top coat, dan decal juga termasuk cara mudah sederhana yang dapat membuat gundam anda lebih keren, bakalan keren mirip di box gundamnya hehehe. kebanyakan decal hanya diberikan pada gunpla Real grade/master grade/Perfect grade dan terdiri dari satu set sticker dan decal, dry decal atau water slide decal. untuk gunpla denga Skala High grade gaperlu kecewa karena gadapet decal karena masih bisa menggunakan decal dari pihak ketiga. pada gunpla Perfect grade cenderung diberikan decal yang lebih banyak karena alasan detail dan ukurannya yang besar(1:60) atau biasanya gunpla dengan ver.ka juga diberikan banyak decal.

Mengenal Jenis Decal Gunpla

secara singkat decals itu adalah semacam kertas/stiker yang diatasya telah dicetak suatu gambar/motif yang dapat dipindah ke benda lain(Mirip mirip rugros lahh, anak 90an pasti tau) yang berguna untuk menambahkan efek detail yang lebih realistis pada model kit anda. Decal pada gunpla umumnya ada 2 macem, decal gosok(dry decal) sama waterslide decal(yang pakai air) berikut lebih jelasnya mengenai dua decal tersebut:
  1. Dry Decal : Dry decal atau decal kering, seperti namanya decal ini decal kering yang tidak membutuhkan media air sebagai perekat kemedia lain. untuk menerapkan dry decal hanya perlu menempelkan potongan decal pada objek kemudian digosok untuk melepaskan motif/ gambar dari pelindung decalnya. menggunkan dry decal tergolong lebih mudah saat diterapkan pada model kit. ciri-ciri dry decal sangat mudah dikenali karena biasanya ada pada selemabar pelastik putih transparan.
  2. Waterslide Decal : adalah decal yang menggunakan air sebagai media perekat pada decal. menerapkan waterslide decal pada model kit membutuhkan usaha lebih dibandingkan dengan dry decal, tetapi hasilnya lebih keren daripada dry decal. pada saat menerapkan potongan decal ini dibutuhkan kesabaran yang besar saat menempelkan untuk mencegah motif decal yang pecah atau robek. biasanya digunakan Mark Setter/Mark softer  untuk mempermudah memasang waterslide decal.

Cara Memasang Dry Decal Gunpla

Ada baiknya sebelum memulai kelangkah berikutnya anda sudah memahami istilah istilah pada gunpla.
Alat yang dibutuhkan :
  • modeler knife/cutter
  • selotip bening
  • tusuk gigi/kilik kuping
1. Potong decal sesuai dengan pola yang akan diapasang pada gundpla menggunakan cutter/pen knife.
tutorial pasang dry decal gundam

2. Gunakan selotip untuk mengambil bagian yang baru di potong tadi.

tutorial pasang dry decal gundam

3. Tempelkan decal pada gunpla sesuai petunjuk, selotip membantu agar decal tidak goyang saat digosok

tutorial pasang dry decal gundam

4. Gosok decal dengan tusuk gigi atau kilik kuping secara perlahan agar tidak rusak

tutorial pasang dry decal gundam

5. Setelah itu lepas selotip secara perlahan. dena decal pun sudah menempel sempurna pada gunpla.

tutorial pasang dry decal gundam
tutorial tersebut sudah bisa dibilang cukup untuk pemula. langkah selanjutnya adalah memberikan top coat untuk melindungi decal. Demikian artikel dari saya kali ini semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Referensi :
Tutorial Mudah Memasang Decal pada Gundam

nanya donk, sory kalo salah kamar, gini nih, ane mau buat gundam tapi battle damage gitu, itu sebaiknya dihancurin dulu baru di cat atau dicat abis itu dihancurin ?