Tutorial Menambahkan Plaplate pada Gundam

Tutorial Menambahkan Plaplate pada Gundam

Salah satu dari tehnik cara menambahkan detail gunpla adalah dengan cara menambahkan plaplate untuk merubah tampilan dari model kit gundam itu sendiri. ini juga memberikan modeler kebebasan dalam meredesain dari armor atau bahkan proporsi model kit sekeluruhan sesuka yang hati mereka. Dengan sangat bebas untuk mendesain yang anda inginkan, Menambahkan detail plaplate sebenarnya sederhana dan tidak terlalu sulit untuk di terapkan

Plaplate atau yang diketahui dengan kepanjangan plastik plate(pelat plastik) adalah istilah umum yang digunakan oleh modeler Gunpla untuk merujuk kepada apa yang lebih dikenal sebagai terpal stirena. Styrene (jenis plastik,) merupakan bahan pelat plastik yang sering digunakan modeler model it gundam untuk scratch build atau hanya sekedar menambahkan detail pada model kit gundam. Hal ini cukup umum dan tidak hanya berlaku untuk gunpla melainkan untuk hobi plastik model lainnya, kebanyakan penggunaan plapalte adalah pada model kit kereta yang kemudian disusul dengan gunpla, sehingga plaplate cukup umum dijual di toko-toko hobi.

Plaplate, Lembaran stirena pada dasarnya berwarna putih dengan ketebalannya berkisar antara 0.3mm sampai 3.2mm. Jika anda pernah menemukan plaplate dengan warna abu-abu itu kemungkinan itu bukan paplate melainkan ABS plastik.

Tutorial menambahkan detail plaplate ke gunpla

Jika anda pernah mendengar Plaplating. Plaplating umumnya merujuk kepada praktek menerapkan lembaran stirena(plaplate) pada bagian luar kit untuk menambahkan detail dan dimensi. Proses ini cukup sederhana, hanya mendesain kemudian memotong beberapa potongan, menempelkannya pada model kit, dan lngkah terakhir tinggal di cat.

Alat yang dibutuhkan :

  • pen knife/scriber/cutter
  • penggaris besi
  • amplas (opsional untuk merapihkan tepian)
  • Tamiya cement/ power glue
  • spidol untuk menggambar pola

#1. Membuat desain dan memotong pola plaplate 

cara plaplate gundam
Langkah pertama adalah mendesain pola pada plaplate kemudian potong menjadi potongan-potongan kecil untuk diterapkan ke kit anda. Pola yang paling umum adalah memotong bentuk standar seperti trapesium, segi empat atau persegi panjang. Untuk melakukan ini semua yang anda perlukan hanya modeler hoby knife dan juga penggaris besi.
Persegi panjang dan kotak adalah bentuk yang paling mudah untuk dibuat dan dipotong.

#2. Menerapkan potongan plaplate ke model kit

Cara memasang plaplate gundam
Setelah selesai memotong plaplate, langkah selanjutnya adalah menempelkannya pada gunpla dengan cara di lem, untu perekatan yang kuat sebaiknya gunakan tamiya cement karena pada dasarnya tamiya cement akan melelehkan bagian antara kedua plastik bersama-sama menjadikannya menempel lebih kuat. untuk beberapa kasus ketika plaplate sedikit ditekan akan keluar lem berlebihan tersebut dan akan mengacaukan potongan plaplate lain jika berdekatan, kuncinya adalah untuk menerapkan lem jangan terlalu banyak. Lebih baik menggunakan sedikit lem dan sedikit ditekan atau jika kurang bisa ditambahkan lagi.

Perlu diingat bahwa plaplate bisa diamplas bawah seperti yang anda lakukan untuk menghilangkan nubmark dan seemliness. Yang kemudian bisa dicat ulang

Referensi:
Tutorial Menambahkan Plaplate pada Gundam

bos2 senior gundam mo nanya, ane baru punya MG freedom gundam bagusnya digimanain ya??

ane ada beberapa ref tapi banyaknya warna ga banyak maen custom pla plate, ada yg punya ga inspiration buat freedom gundam??

thx before