Turis Diving dengan Sampah di Bali, bagaimana menurut kalian?

Selama ini, Bali menjadi destinasi paling populer di Indonesia. Mulai dari kekayaan kuliner hingga keindahan alamnya yang membuat para wisatawan terpesona.

Sayangnya, kebanyakan wisata populer di Indonesia selalu penuh sampah dan cepat rusak fasilitasnya. Meskipun tidak semua, tapi kamu pasti pernah merasakannya kan?

Hal sama dirasakan penyelam asal Inggris, Rich Horner. Lihatlah cuplikan foto di atas yang diambil dari video Rich Horner saat menyelam di Manta Point, Nusa Penida. Bukan pemandangan menawan dari ikan kecil, melainkan sampah plastik yang melimpah. Video tersebut langsung viral hingga ke mancanegara. Mereka merasa ikut prihatin dengan kondisi laut di Bali.

Bayangkan jika kamu sudah berekspektasi menyelam mengharapkan nuansa laut indah yang eksotis, tetapi dihadapkan dengan kondisi tersebut, bagaimana pendapat kalian?

Ya menurut saya sih malu ya, apalagi ini adalah turis mancanegara yang postingannya bahkan viral di Media Sosial setelah di repost oleh akun humor internasional yaitu 9gag di Instagramnya. Meskipun pihak yang bertanggung jawab disana beralasan ini terjadi karena musim hujan, hal ini harus turut dijadikan kritikan yang amat memalukan sehingga dapat dijadikan bahan refleksi kesalahan masa lalu yang tak boleh terulang kembali di Masa Depan. Tapi dalam hal ini semua elemen masyarakat utamanya wisatawan harusnya turut bertanggung jawab menjaga kebersihan daerah sekitar, sebab jika bukan kita, siapa lagi?