Tugas perkembangan pada fase remaja akhir apa saja yang dialami oleh remaja ?

Dalam sejarah psikologi perkembangan, Havighrust berpendapat jika tugas perkembangan merupakan tugas yang harus diselesaikan setiap individu dalam beberapa fase atau periode kehidupan tertentu. Jika berhasil mencapai hal tersebut maka kebahagiaan akan dicapai, namun jika sebaliknya maka akan berbuah kekecewasaan dan dicela oleh orang tua atau masyarakat serta mengganggu dalam perkembangan selanjutnya.

Ada beberapa hal yang harus dimiliki remaja dalam mempersiapkan diri untuk masuk ke masa dewasa supaya bisa memiliki pribadi utuh dalam arti luas. Setiap individu, apa yang harus dimiliki setiap individu ini nantinya akan berhubungan dengan perkembangan pikir, perasaan, sikap, kemauan dan juga perbuatan yang nyata. Tugas perkembangan fase remaja akhir apa saja yang dialami oleh remaja?

Beberapa tugas perkembangan fase remaja akhir diantaranya adalah :

  • Mencapai hubungan lebih matang dengan teman sebaya.
  • Mencapai peran sosial sebagai seorang pria dan wanita.
  • Menerima kondisi fisik dan memakainya secara efektif.
  • Mencapai kemandirian emosional dari orang tua dan juga orang dewasa yang lain.
  • Memiliki jaminan kemandirian ekonomi.
  • Memilh dan mulai mempersiapkan karir.
  • Mengembangkan keterampilan intelektual dan juga beberapa konsep yang dibutuhkan untuk warga negera.
  • Memiliki perilaku bertanggung jawab secara sosial.
  • Memiliki dan menerapkan nilai sistem etika sebagai bimbingan dalam berperilaku.

paparan dari tugas perkembangan remaja akhir tersebut dari tokoh siapa ya? dan rentang usianya berapa? :pray:

Tokoh yang berpendapat seperti yang disampaikan @DebrillaIvanadyaPang adalah Robert J. Havighurst (1961)

Masa remaja akhir merupakan masa transisi yang dapat diarahkan kepada perkembangan masa dewasa yang sehat, yang menurut psikologi berada pada usia 16 - 18 tahun. Remaja akhir merupakan masa berkembangnya identity (identitas) dirinya. (Erik Erickson), dimana Identitas (identity) adalah suatu pengorganisasian dorongan – dorongan (drives), kemampuan-kemampuan (abilities), keyakinan-keyakinan (beliefs), dan pengalaman-pengalaman individu kedalam citra diri (images of self) yang konsisten (Anita E. Woolfolk).

Menurut Lustin Pikunas (1976), masa remaja akhir ditandai oleh keinginan yang kuat untuk tumbuh dan berkembang secara matang agar dapat diterima oleh teman sebaya, orang dewasa, dan budaya.

Menurut beberapa ahli tugas – tugas perkembangan pada masa ini adalah :

William Kay

  • Menerima fisiknya sendiri berikut keragaman kualitasnya.
  • Mencapai kemandirian emosional dari orangtua atau figur – figur yang menjadi otoritas.
  • Mengembangkan keterampilan komunikasi interpersonal dan belajar bergaul dengan teman sebaya atau orang lain baik secara individual maupun kelompok.
  • Menemukan manusia model untuk dijadikan identitasnya.
  • Menerima dirinya sendiri dan memiliki kepercayaan terhadap kemampuannya sendiri.
  • Memperkuat kemampuan mengendalikan diri atas dasar prinsip atau falsafah hidup.
  • Mampu meninggalkan masa kanak – kanaknya.

Charlotte Buhler (1930)

Belajar melepaskan diri dari persoalan tentang diri sendiri dan lebih mengarahkan minatnya pada lapangan hidup konkret, yang dahulu dikenalnya secara subjektif belaka.

Elizabeth B. Hurlock (1978)

Belajar menyesuaikan diri terhadap pola-pola hidup baru, belajar untuk memiliki cita-cita yang tinggi, mencari identitas diri dan pada usia kematangannya mulai belajar memantapkan identitas diri

Erik Erikson (1963)

Anak mulai memusatkan perhatian pada diri sendiri, mulai menentukan pemilihan tujuan hidup, belajar berdikari, belajar bijaksana.

Tugas perkembangan merupakan suatu tugas yang harus dipersiapkan oleh seseorang, sesuai dengan fase yang dijalaninya, agar dapat mencapai kematangan psikologi yang diharapkan.

Hurlock (1990) membagi masa remaja menjadi dua, yaitu masa remaja awal (11/12-16/17 tahun) dan remaja akhir (16/17-18 tahun). Pada masa remaja akhir, individu sudah mencapai transisi perkembangan yang lebih mendekati masa dewasa.

Untuk dapat mencapai kedewasaan yang diharapkan,maka tugas-tugas yang harus dilakukan oleh seseorang di masa remaja akhir adalah sebagai berikut.

Perkembangan Kognitif dan Bahasa

Menurut Jean Piaget, pada masa remaja perkembangan kognitif sudah mencapai tahap puncak, yaitu tahap operasi formal (11 tahun - dewasa) (Gunarsa, 1982); suatu kapasitas untuk berpikir abstrak, dimana penalaran remaja lebih mirip dengan cara ilmuwan mencari pemecahan masalah dalam laboratorium (Berk, 2003).

Mengacu pada teori perkembangan kognitif dari Piaget, Berk (2003) mengemukakan beberapa ciri dari perkembangan kognitif pada masa ini sebagai berikut:

  • Mampu menalar secara abstrak dalam situasi yang menawarkan beberapa kesempatan untuk melakukan penalaran deduktif hipotetis (hypotetico-deductive reasoning) dan berpikir proposisional (propositional thought).

    Penalaran deduktif hipotetis adalah suatu proses kognitif, dimana saat seseorang dihadapkan pada suatu permasalahan, maka ia memulai dengan suatu “teori umum” dari seluruh faktor yang mungkin mempengaruhi hasil dan menyimpulkannya dalam suatu hipotesis (atau prediksi) tentang apa yang mungkin terjadi (akibatnya). Berbeda dengan anak pada tahap operasi konkret, dimana anak memecahkan masalah dengan memulai dari realita yang paling nyata sebagai prediksi dari suatu situasi; jika realita tersebut tidak ditemukan, maka ia tidak dapat memikirkan alternatif lain dan gagal memecahkan masalah (Berk, 2003).

    Jadi pada tahap operasi formal ini, remaja sudah bisa berpikir sistematis, dengan melakukan bermacam-macam penggabungan, memahami adanya bermacam-macam aspek pada suatu persoalan yang dapat diselesaikan seketika, sekaligus, tidak lagi satu persatu seperti yang biasa dilakukan pada anak-anak masa operasi konkret. (Gunarsa, 1982).

  • Memahami kebutuhan logis dari pemikiran proposisional, memperbolehkan penalaran tentang premis (alasan) yang kontradiktif dengan realita. Pemikiran proposisional merupakan karakteristik penting kedua dalam tahap operasi formal. Remaja dapat mengevaluasi logika dari proposisi (pernyataan verbal) tanpa merujuk pada keadaan dunia nyata (real world circumstances). Sebaliknya, anak pada tahap operasi konkret mengevaluasi logika pernyataan hanya dengan mempertimbangkan dengan mendasarkan pada bukti-bukti konkret.

  • Memperlihatkan distorsi kognitif yaitu pendengar imajiner/khayal dan dongeng pribadi (personal fable), yang secara bertahap akan menurun dan menghilang di usia dewasa. Kapasitas remaja untuk berpikir abstrak, berpadu dengan perubahan fisik menyebabkan remaja mulai berpikir lebih tentang diri sendiri. Piaget yakin bahwa telah terbentuk egosentrisme baru pada tahap operasi formal ini, yaitu ketidakmampuan membedakan perspektif abstrak dari diri sendiri dan orang lain (Inhelder & Piaget, 1955/1958, dalam Berk, 2003).

    • Pendengar imajiner (imaginary audience) adalah suatu distorsi kognitif, dimana remaja merasa bahwa dirinya selalu di atas panggung, menjadi pusat perhatian orang lain (Elkind & Bowen, 1979, dalam Berk, 2003). Akibatnya, mereka menjadi sangat “sadar diri” (extremly self- conscious), seringkali melakukan berbagai upaya untuk menghindari keadaan yang dapat mempermalukan. Tidak mengherankan jika remaja menghabiskan banyak waktu untuk memperhatikan detail penampilannya, dan ia juga sangat sensitif dengan kritik orang-orang di sekitarnya.

    • Dongeng pribadi (personal fable) merupakan distorsi kognitif kedua yang ditunjukkan oleh remaja. Karena remaja begitu yakin bahwa dirinya diperhatikan dan dipikirkan orang lain, maka ia mengembangkan opini yang melambung tentang betapa pentingnya dirinya. Remaja merasa bahwa dirinya spesial dan unik. Beberapa remaja memandang dirinya meraih pencapaian hebat maupun mengalami kekecewaan yang sangat mendalam – suatu pengalaman yang tidak mungkin dipahami orang lain (Elkind, 1994, dalam Berk, 2003). Remaja menyimpulkan bahwa orang lain tidak mungkin dapat memahami pikiran dan perasaannya.

Sebagaimana dikemukakan Santrock (2007), remaja menunjukkan perkembangan bahasa sebagai berkut:

  • Terjadi peningkatan penguasaan dalam penggunaan kata-kata yang kompleks (Fischer & Lazerson, 1984, dalam Santrok, 2007), dimana remaja menjadi lebih baik dari anak-anak dalam menganalisis fungsi suatu kata yang berperan dalam sebuah kalimat.

  • Mengalami kemajuan dalam memahami metafora (perbandingan makna antara dua hal berbeda, menggunakan suatu kata untuk makna yang berbeda) dan satir (menggunakan ironi, cemooh, atau lelucon untuk mengekspos kekejian atau kebodohan).

  • Meningkatnya kemampuan memahami literatur yang rumit.

  • Lebih baik dari anak-anak dalam mengorganisasikan ide untuk menyusun tulisan; menggabungkan kalimat-kalimat sehinga masuk akal; dan mengorganisasikan tulisan dalam susunan pendahuluan, inti, dan kesimpulan.

  • Berbicara dalam kalimat yang mengandung dialek, yaitu variasi bahasa yang memilki kosa kata, tata bahasa, atau pengucapan yang khas (Berko Gleason, 2005, dalam Santrock, 2007);

Perkembangan Emosional

Beberapa ciri perkembangan emosional pada masa remaja adalah: (Zeman, 2001)

  • Memiliki kapasitas untuk mengembangkan hubungan jangka panjang, sehat, dan berbalasan. Kemampuan ini akan diperoleh jika individu memiliki dasar yang telah diperoleh dari perkembagan sebelumnya, yaitu trust, pengalaman positif di masa lalu, dan pemahaman akan cinta.

  • Memahami perasaan sendiri dan memiliki kemampuan untuk menganalisis mengapa mereka merasakan perasaan dengan cara tertentu.

  • Mulai mengurangi nilai tentang penampilan dan lebih menekankan pada nilai kepribadian.

  • Setelah memasuki masa remaja, individu memiliki kemampuan untuk mengelola emosinya. Ia telah mengembangkan kosa kata yang banyak sehingga dapat mendiskusikan, dan kemudian mempengaruhi keadaan emosional dirinya maupun orang lain. Faktor lain yang berperan secara signifikan dalam pengaturan emosi yang dilakukan remaja adalah meningkatnya sensitivitas remaja terhadap evaluasi yang diberikan orang lain terhadap mereka, suatu sensitivitas yang dapat memunculkan kesadaran diri.

    Menurut David Elkind (Zeman, 2001) menggambarkan remaja menunjukkan seolah-olah mereka berada di hadapan audience imajiner yang mencatat dan mengevaluasi setiap tindakan yang mereka lakukan. Dengan demikian, remaja menjadi sangat sadar akan dampak dari ekspresi emosional mereka terhadap interaksi sosial.

  • Gender berperan secara signifikan dalam penampilan emosi remaja. Laki-laki kurang menunjukkan emosi takut selama distres dibandingkan dengan perempuan. Hal ini didukung oleh keyakinan pada laki-laki bahwa mereka akan kurang dimengerti dan dikecilkan/diremehkan oleh orang lain bila menunjukkan emosi agresif dan mudah diserang (vulnerable)

Perkembangan Sosial

Perkembangan sosial dan emosional berkaitan sangat erat. Baik pengaturan emosi (berada dalam kendali emosi) maupun ekspresi emosi (komunikasi efektif tentang emosi) dierlukan bagi keberhasilan hubungan interpersonal. Selanjutnya, kemajuan perkembangan kognitif meningkatkan kualitas hubungan interpersonal karena membuat remaja mampu memahami dengan lebih baik keinginan, kebutuhan, perasaan, dan motivasi orang lain. Karena itulah, tidak mengherankan, dengan makin kompleksnya pikiran, emosi, dan identitas pada masa remaja, hubungan sosialnya pun makin kompleks (Oswalt, 2010)

Pada masa ini, remaja menunjukkan beberapa ciri: (Oswalt, 2010)

  • Keterlibatan dalam hubungan sosial pada masa remaja lebih mendalam dan secara emosional lebih intim dibandingkan dengan pada masa kanak-kanak.

  • Jaringan sosial sangat luas, meliputi jumlah orang yang semakin banyak dan jenis hubungan yang berbeda (misalnya dalam hubungan dengan teman sekolah untuk menyelesaikan tugas kelompok, berinteraksi dengan pimpinan dalam cara yang penuh penghormatan).

  • Menurut Erikson, dalam perkembangan psikososial, remaja harus menyelesaikan krisis yang terjadi pada masa remaja. Istilah krisis digunakan oleh Erikson untuk menggambarkan suatu rangkaian konflik internal yang berkaitan dengan tahap perkembangan; cara seseorang mengatasi krisis akan menentukan identitas pribadinya maupun perkembangannya di masa datang.

Pada masa remaja, krisis yang terjadi disebut sebagai krisis antara identitas versus kekaburan identitas. Krisis menunjukkan perjuangan untuk memperoleh keseimbangan antara mengembangkan identitas individu yang unik dengan “fitting-in” (kekaburan peran tentang “siapa saya”, “apa yang akan dan harus saya lakukan dan bagaimana caranya”, dan sebagainya). Jika remaja berhasil mengatasi krisis dan memahami identitas dirinya, maka ia akan dengan mudah membagi “dirinya” dengan orang lain dan mampu menyesuaikan diri (well-adjusted), dan pada akhirnya ia akan dapat dengan bebas menjalin hubungan dengan orang lain tanpa kehilangan identitas dirinya.

Sebaliknya, jika remaja gagal mengatasi krisis, ia akan tidak yakin tentang dirinya, sehingga akan terpisah dari hubungan sosial, atau bisa jadi justru mengembangkan perasaan berlebih-lebihan tentang pentingnya dirinya dan kemudian mengambil posisi sebagai ekstremis. Jika ia masuk pada kondisi ini, maka ia tidak akan mampu menjadi orang dewasa yang matang secara emosi.

Referensi :

  • Berk, L.E. (2003). Child Development, 6th ed. Boston, MA: Allyn & Bacon
  • Huberman, B.(2002). Growth and Development, Ages 13 to 17—What You Need to Know.
  • Hurlock, E.B. (1990). Developmental Psychology: A Lifespan Approach. (terjemahan oleh Istiwidayanti). Jakarta: Erlangga Gunarsa
  • Krori, Smita Deb. (2011). Developmental Psychology, Homeopathic Journal :: Volume: 4, Issue: 3, Jan, 2011.
  • Oswalt, A. (2010). An Introduction to Adolescent Development. (online).
  • Santrock, J.W. (2007). Child Development, 11th edition (terjemahan oleh: Mila Rahmawati & anna Kuswanti). Jakarta: Erlangga
  • Sarwono, S. (2011). Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
  • Zeman, J. (2001). Emotional Development. University of Maine.