Trend Digital Marketing Apa yang Menurut Kalian Paling Efektif?


Menurut Chaffey dan Chadwick (2016:11), Dedi Purwana (2017:2) Jadi pada dasarnya digital marketing merupakan kegiatan pemasaran yang menggunakan media digital dengan menggunakan internet. Bertambahnya pengguna internet di dunia tiap tahunnya secara tidak langsung mendongkrak popularitas digital marketing sebagai salah satu cara efektif dalam memasarkan produk. Perkembangannya pun makin tahun semakin terlihat signifikan. Lalu, jenis digital marketing apa saja yang saat masih popular? Mari simak pembahasan di bawah.

  1. Kecerdasan Buatan (Artificial intelligence)
    Kehadiran AI, pasti mungkin berdampak signifikan pada bisnis cepat atau lambat. Mekanisme akan membantu dalam menganalisis perilaku konsumen dan pola pencarian mereka. Dengan memaksimalkannya, dengan memanfaatkan data dari platform media sosial dan posting blog. Perusahaan akan dapat melacak perjalanan pelanggan dan memahami bagaimana pengguna dan mencari produk dan layanan yang diinginkan. Semua ini dapat mengarah langsung ke pemahaman yang lebih baik tentang pelanggan (sebesar 30%) dan kinerja konten yang lebih efektif (15%).
  2. Chatbots
    Teknologi berbasis Al ini dapat dianggap sebagai pramutamu virtual bisnis dengan langsung berkomunikasi dengan pengguna dan membantu dalam menyelesaikan tujuan mereka dengan jawaban langsung, pengiriman pesan secara real-time. Dengan 1,4 miliar orang berinteraksi dengan chatbots di seluruh dunia, 80% bisnis cerdas sudah menggunakan chatbots pada tahun 2020, Dan pada tahun 2022, chatbots akan membantu bisnis menghemat lebih dari $8 miliar per tahun, terutama di industri perbankan dan perawatan kesehatan. Ditambah fakta, bahwa perusahaan yang menggunakan solusi semacam itu dianggap inovatif, ini adalah hal yang harus dimiliki musim ini.
  3. Iklan Terprogram (Programming Advertising)
    Berbelanja memang selalu menyenangkan, apalagi jika orang lain yang membayar. Tetapi di setiap kesempatan lain, biaya yang dikeluarkan harus dihitung secara wajar, dan setiap penghematan akan sangat dihargai. Oleh karena itu, bertindaklah seperti seorang profesional dengan iklan terprogram, yang akan membuat kampanye perusahaan lebih hemat biaya. Saat ini 84% merek dan agensi pemasaran membeli iklan bergambar dengan cara seperti itu dan hampir dua pertiga melakukan hal yang sama untuk kampanye seluler mereka. Dengan pengurangan anggaran dan pemborosan tayangan berkurang 30%, ini memastikan efisiensi operasional juga, baik dari perspektif pembeli maupun penjual. Tak heran, dengan peningkatan efektivitas penargetan hingga 85% yang ditunjukkan oleh biro iklan; pemasaran terprogram akan menjadi pendukung terbaik dalam merencanakan anggaran pemasaran.
  4. Voice Search
    Konsumen sekarang menghargai segala sesuatu yang membuat hidup mereka lebih mudah, lebih cepat, bebas repot, dan memungkinkan data diakses saat bepergian. Konsumen menganggapnya lebih cepat dan mudah, daripada pergi ke situs web atau menggunakan aplikasi, sambil mengemudi mobil membuat atau “lebih menyenangkan” sederhana daripada metode pencarian lainnya. Patut dipertimbangkan adalah fakta, bahwa perangkat pengenalan suara benar-benar penting dalam pencarian berbayar dan SEO. Di Amerika Serikat sendiri terlihat peningkatan besar pengadopsi solusi perangkat asisten berkemampuan suara, Tren dengan peningkatan pertumbuhan tahunan 48% di AS, belanja suara akan meningkat di sana menjadi $40 miliar per tahun dalam empat tahun ke depan, saat konsumen bersiap untuk melakukan pembelian di luar layar. Perlu diingat, bahwa 50% dari semua pencarian akan menjadi pencarian suara pada tahun 2020. Selain itu, penggunaan pencarian suara dapat memiliki lebih sedikit keuntungan bagi perusahaan untuk meningkatkan citra merek, melalui direkomendasikan oleh asisten digital dan meningkatkan relevansi lokal, hingga mengurangi sinyal negatif dari situs web, seperti rasio pentalan.
  5. Augmented Reality & Virtual Reality
    Dengan tiga teknologi yang tersedia: AR (Augmented Reality, meningkatkan objek fisik dengan konten digital), VR (Virtual Reality - lingkungan 3D virtual yang sepenuhnya disimulasikan) dan MR (Mixed Reality - menggabungkan keduanya dengan menciptakan lingkungan VR di yang secara fisik mengambil bagian dari objek yang ada) diperkirakan akan tumbuh menjadi pasar senilai $95 miliar pada tahun 2025. Permintaan terkuat untuk teknologi berasal dari industri ekonomi kreatif: game, acara langsung, hiburan video, dan ritel, tetapi aplikasi yang lebih luas dalam perawatan kesehatan, pendidikan, militer dan real estat diprediksi dari waktu ke waktu. Dengan tingkat adopsi yang sangat positif (96% di UKI) sangat mungkin untuk menjadi cara ketiga yang solid di mana orang memilih untuk berbelanja. Apa yang disebut Vcommerce (Virtual Commerce) akan menambah nilai sebagai teknologi yang mendukung, mendefinisikan pengalaman omnichannel yang sebenarnya. Sepertinya solusi ini membawa kesenjangan kepercayaan pembeli online potensial yang memungkinkan hampir untuk menyentuh dan merasakan produk dan kemudian membangun kepercayaan dengan pengecer. Oleh karena itu, selain pengalaman VR yang imersif, mendukung interaksi positif dengan merek dan digunakan untuk tujuan periklanan, penelitian hari ini juga peluang aplikasi praktis seperti ruang ganti virtual (seberapa berguna untuk pakaian, kacamata, jam tangan) atau asisten digital (make up, pemasangan furniture).
  6. Pemasaran konten & Personalisasi
    Seth Godin mengatakan bahwa pemasaran saat ini bukan tentang tuff yang dibuat, tetapi tentang cerita yang diceritakan. Memang, konsumen tidak lagi membeli barang atau jasa sederhana, tetapi mencari janji merek dan pengalaman keseluruhan yang dijamin dengan mendongeng. Dengan kata-kata jay Baer - konten adalah api; media sosial adalah bensin. Oleh karena itu, konten yang dipahami dari perspektif copywriting yang luar biasa, didukung dengan gambar yang bagus, hanya menjadi dasar untuk makanan yang lezat. Yang terakhir akan dibumbui dengan bumbu yang tepat: penawaran yang dibuat khusus didukung dengan pesan yang disesuaikan, Semua dikombinasikan dengan email yang dipersonalisasi, pemasaran ulang dan teknik peningkatan dalam mengukur efektivitas konten, akan membuat pemasaran konten tetap relevan dan bergerak maju, memicu motivasi pembelian menjadi tindakan yang diinginkan.
  7. Video live
    Berbicara tentang konten, poin valid lain yang perlu dipertimbangkan adalah video (terutama YouTube) sebagai hal yang penting untuk perusahaan dan Video Live sebagai hal penting lainnya dan “harus dimiliki” saat ini, tidak berarti video Facebook keluar dari gambar, justru sebaliknya. Pertimbangkan di sana kehadiran pemirsa dengan siaran langsung bersama Instagram (terutama jika audiens target perusahaan adalah anak-anak muda) atau Linkedin. Video, tidak seperti iklan bergambar standar, memungkinkan bisnis untuk mampu berinteraksi lebih banyak dengan pemirsa dengan pentingnya menceritakan keunikan, menciptakan ketegangan, melibatkan lebih banyak indra. Jika masih belum sepenuhnya yakin, angka-angka ini berbicara untuk meyakinkan bisnis untuk segera menggunakan fitur Video Live: 70% konsumen mengatakan bahwa mereka telah membagikan video merek dan 52% konsumen mengakui, bahwa menonton video produk membuat mereka lebih percaya diri dalam keputusan pembelian online, 72% bisnis mengklaim video telah meningkatkan tingkat konversi mereka, 65% eksekutif mengunjungi situs web pemasar dan 39% menelepon vendor setelah melihat video. tebak angka-angka ini menunjukkan pentingnya memasukkan video ke dalam strategi pemasaran digital, bukan? Apalagi trend Digital Marketing yang belum masuk daftar diatas? Mari diskusi

Referensi
Tarabasz, Anna. (2019). Trends in Digital Marketing 2019
Freepik. (2021). Social Media Marketing Digital Marketing Vectors, Photos and PSD files | Free Download

Menurut saya Voice Search dan Video Live.

Untuk voice search sendiri karena sangat berhubungan dengan SEO (Search Engine Optimation) sendiri, dimana kita bisa memasarkan produk sesuai pada seseorang yang memang membutuhkan atau setidaknya dengan jejak pencarian internet atau voice search orang tersebut. Dimana saat ini penggunaan pencarian sudah digunakan hampir setiap hari dan oleh setiap orang di Dunia. Google, search engine terpopuler, saat ini mampu menyebarkan info dari 1,9 miliar situs website dengan 400 juta pencarian per hari oleh lebih dari 90,4% pengguna internet dunia.

Kemudian Video Live sendiri karena dapat diterapkan di media sosial seperti youtube, instagram, facebook dan lain-lainnya. Dimana penggunaan sosial media sendiri sangat tinggi, maka merupakan hal yang efektif jika terjun langsung kepada konsumen.