Transplantasi Kepala Desember 2017 Dialihkan ke Tahun 2018

“Kami akan tetap berupaya untuk melakukan operasi ini, meskipun pada tahun 2015 telah direncanakan dengan matang terkait pasien yang siap melakukan operasi yakni “Valery Spiridonov” (Milliarder Rusia). Beliau tiba-tiba mengundurkan diri untuk tidak lagi menjadi pasien pertama yang akan menjalani operasi pada bulan desember tahun 2017 kemarin. Katanya ia mengalami keraguan dan beberapa faktor lain.” Ungkap Canavero saat Jumpa Pers di Media OOOM

Akhirnya Operasi Transplantasi Kepala Manusia Akan dilakukan Desember 2017, transplantasi kepala pertama di dunia rencananya akan dilaksanakan pada Bulan Desember 2017. Informasi terbaru menyatakan bahwa operasi transplantasi kepala tersebut dialihkan ke tahun 20181. Berita yang penuh kontroversial dikalangan para pakar ilmuwan dan dokter ini akan segera direalisasikan sesuai rencana dr. Sergio Canavero dan partnernya yang bernama dr. Xiaoping Ren dari Universitas Kedokteran Harbin pada tahun 2018.

Pengunduran diri itulah yang menjadi salah satu alasan tertundanya operasi, sehingga dokter Canavero bersama dokter Xiaoping berupaya mencari pasien pertama dari China (Thiongkok). Akhirnya mereka berhasil menemukan orang kedua yang akan menjadi pasien pertama dalam operasi transplantasi kepala. Namun hingga saat ini orang kedua tersebut belum dibeberkan namanya.

dr. Canavero, dalam sebuah wawancara dengan media OOOM (salah satu media yang mempublikasi informasi terkait transplantasi kepala dari awal hingga saat ini), mengatakan bahwa transplantasi kepala manusia pertama akan berlangsung dalam waktu kurang lebih 10 bulan lagi (diupayakan akhir tahun 2017 hingga tahun 2018). Beliau tidak menentukan tanggal pasti untuk operasi tersebut. dr. Canavero dan dr. Xiaopin memiliki jadwal yang padat, namun tim transplantasi kepala di China mengatakan bahwa mereka telah siap untuk melakukannya.

Prosedur operasi transplantasi kepala tentu saja sangat menantang karena memerlukan penghubung kembali kolom tulang belakang. Operasi tersebut juga memerlukan pengelolaan sistem kekebalan tubuh pasca operasi, karena badan resipien akan menolak kepala dari donor yang baru dipasang. Operasi transplantasi kepala memang tampak mustahil, namun jika berhasil maka operasi transplantasi kepala tersebut akan merevolusi bidang medis dan kedokteran 2,3. Simak pemaparan dr. Canavero dalam acara TEDx.

Alasan penundaan lain diakibatkan karena pemerintah China menginginkan adanya jurnal ilmiah terkait transplantasi kepala yang berhasil di demokan dan disetujui oleh komunitas ilmiah. Hal ini tentu saja dapat dilakukan pada hewan. Akibatnya pemerintah China menunggu terbitnya jurnal ilmiah tersebut agar dapat menyetujui rencana dr. Canavero dan timnya.

Saat ini dr. Canavero dan dr. Xiaoping sedang berusaha melakukan riset di Universitas Kedokteran Harbin China. Riset tersebut sebagai bukti untuk meyakinkan komunitas ilmiah bahwa rencana transplantasi kepala manusia akan berjalan dengan sukses. dr. Canavero, dr. Xiaoping, beserta timnya tetap optimis akan berhasil melakukan operasi transplantasi kepala manusia pertama di dunia pada tahun 2018 ini.

Sumber:

  1. HEAD TRANSPLANTS: SERGIO CANAVERO IS ABOUT TO PERFORM THE FIRST HUMAN SURGERY—AND THERE’S NOTHING TO STOP HIM. Pada newsweek.com dan diakses tgl 1 Januari 2018.

  2. HEAD TRANSPLANTS: SERGIO CANAVERO SAYS FIRST PATIENT WILL BE CHINESE NATIONAL, NOT VALERY SPIRIDONOV. Pada newsweek.com dan diakses tgl 1 Januari 2018.

  3. First Human Head Transplant Surgery To Be Performed In 2018 . Pada geekexchange.com dan diakses tgl 1 Januari 2018)