๐—ฆ๐—ฎ๐—ต๐—ฎ๐—ฏ๐—ฎ๐˜ ๐—ธ๐˜‚ ๐——๐—ฎ๐—ป ๐—ฆ๐—ฎ๐—บ๐—ฝ๐—ฎ๐—ต

Sumber:tertera pada gambar
Di sebuah kota memiliki taman yang sangat indah.Sista dan Alya adalah dua orang sahabat yang selalu pergi ke taman setiap hari minggu.Sista adalah anak yang disiplin dan peduli lingkungan.Berbeda hal nya dengan Alya yang hanya mementingkan kenyamanannya sendiri.

Minggu ini mereka akan bermain di taman seperti biasanya.โ€œHai Alya.โ€ Sapa sista dengan riang. โ€œHai Sista.โ€ timbal Alya yang sedang makan keripik. Sista terkejut temannya itu lagi-lagi membuang robekan bungkus keripik itu.Sebenarnya Ia memang sudah terbiasa dengan kelakuan temannya itu. Walaupun Ia sudah diberitahu tapi tetap tidak mau mendengarkannya."Ya ampun Alya,kamu itu udah di bilangin jangan buang sampah sembarangan,masih aja ya,haduhhh cape aku ngurusin kamu.โ€œbentak Sista pada temannya dengan ucapan yang sedikit ber nada tinggi.โ€œih Biarin aja kali cuman robekan gitu aja nggak jadi masalah juga lagian males aku tuh cari tempat sampah.โ€ Balas Alya dengan suara pelan sambil mengunyah keripik nya itu.โ€ Tapi Alya kamu sudah mengganggu kenyamanan orang orang Kamu nggak lihat apa di sini itu udah bersih ."Ucap Sista dengan wajah yang kesal."Tapi aku merasa tidak terganggu Itu kan cuman sedikit."Alya menjawab tanpa ada rasa bersalah."Alya kamu jangan egois jangan mentang-mentang buat kamu nyaman jadi kamu biarin gitu aja,kan belum tentu nyaman buat kamu nyaman juga buat orang lain, gimana kalau orang lain terganggu?."Nasihat Sista dengan penuh kesabaran."Udahlah lagian sampah nya juga udah terbawa angin."ucap Alya dengan wajah cemberut."susah banget nih anak dikasih tau, udah lah Yuk kita ke taman bunga."ucap Sista sambil berjalan.Sista dan Alya pun berjalan ke taman bunga.Perjalanan mereka ke taman bunga melewati sebuah tempat pembuangan sampah.โ€œIuhhhh,bau banget ini sampahnya.โ€ Keluh Alya sambil menutup hidungnya.โ€œNah kamu tahu enggak ini penyebabnya apa?.โ€ tanya Sista.โ€œNggak tahu tapi nggak mungkin juga sih kalau ini sampah dari rumah-rumah pabrik-pabrik karena kan di sini jauh dari rumah dan pabrik.โ€ Jawab Alya dengan sedikit kebingngan.

Mereka pun sampai di sebuah kebun,Alya duduk santai dengan minumannya.Sista pergi sebentar untuk membeli minumannya.Mereka berdua duduk dan berbincang bincang.Di saat suasana sedang asik tiba tiba datang lah orang di hadapan mereka.Orang tersebut meludah di depan mereka.Alya marah karna ia sangat tidak suka dengan hal seperti itu."Woy human gak ada akhlak lo ya,ngeludah sembarangan!!!."Teriak Alya pada orang tersebut sampai menumpahkan minumannya.Orang tersebut melirik dan menjawab.โ€œHeh biasa aja kali gak usah nyolot ya lo,pake bilang gak ada akhlak segala,yang gak ada akhlak itu lo pake teriak teriak lagi!!.โ€"Nih anak berani juga nyolot,sini lo maju."Alya menantang sambil mengepalkan tangannya."Udah lah Alya jangan bikin masalah di sini malu tau,nanti kita gak bisa main lagi disini."Ajak Sista pada Alya."Tapi Sista ini gak bisa di biarin."Ucap Alya dengan memegang tangan sahabatnya itu."Heh lo sini maju pake diem aja lagi,sini maju lo."Alya kembali menantang orang yang meludah tadi."lo belum tau siapa gue?."Tanya orang yang meludah itu dengan kesombongannya.Karna ternyata orang tersebut adalah anak pemilik toko buku yang cukup besar yang berada di sebelah taman tersebut."Gue gak peduli siapa lo mau lo anak raja,anak apa ke kalau gak ada akhlak mah ya percuma."Ucap Alya sambil menahan emosi.Karna orang tersebut juga tidak bisa menahan emosi mereka pun bertengkar.Mereka ribut hingga semua orang mendekatinya.Namun Sista tidak bisa menahan nya karna Alya memang keras kepala.Tiba tiba datang lah penjaga taman dan penjaga tersebut menyelesaikaan masalah ini dan membubarkan orang orang.
โ€œAlya kamu tuh ada ada aja sih pake berantem segala lagi.โ€โ€œLagian aku kesel deh sama orang tadi.โ€"Kamu tau gak kejadian tadi itu mencerminkan kelakuan kamu selama ini."Jelas Sista pada Alya."Hah maksud kamu apa?."Tanya Alya dengan kaget.Sista pun menjelaskan pada Alya.โ€œAlya kejadian tadi itu bisa jadi pelajaran buat kamu,kamu tau kan orang yang meludah tadi bikin kamu gak nyaman,tapi orang tersebut gak peduli sama sekali.Nah ini sama halnya dengan kamu yang selalu membuang sampah sembarangan itu bagi kamu kan biasa aja tapi mungkin bagi orang lain bisa saja itu masalah kayak kamu tadi kan langsung nyolot kan?,sekecil apapun sampah itu lama lama terbawa angin dan menumpuk di suatu tempat,kayak di tempat pembuangan sampah tadi dan membuat orang lain terganggu.โ€"Sekarang aku paham apa maksud kamu Sis,sekarang aku sadar atas semua kesalahan ku maafin aku ya."Ucap Alya dengan nada rendah."Minta maaf sama aku itu gak ngaruh Al,yang penting mulai sekarang kamu jaga lingkungan ya."Jawab Sista sambil menasihati dan memegang tangan sahabat nya itu.Sejak saat itu Alya selalu menjaga lingkungan dan tidak pernah membuanng sampah sembarangan lagi.

4 Likes