Top 5 Mata Kuliah Jurusan Teknik Material dan Metalurgi di Indonesia

Sebagai Ilmu interdisipliner, tentu banyak sekali hal dan pengetahuan yang dipelajari di jurusan Teknik Material dan Metralurgi. Sehingga banyak Mata Kuliah yang ada di jurusan teknik materi dan metalurgi.
image
Diantara banyak mata kuliah, ada 5 mata kuliah yang sengaja saya rangkum sebagai top mata kuliah teknik material dan metalurgi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

  1. Pengantar Teknik Material dan Metalurgi
    Mata Kuliah ini membahas dasar-dasar ilmu teknik materi dan metalurgi. Mata kuliah ini sangat penting dan krusial untuk dipelajari di jurusan tersebut karena merupakan sebuah pondasi dasar dari pengetahuan jurusan itu sendiri.

  2. Gambar Teknik
    Mata Kuliah ini membahas bagaimana suatu teknik diintuisikan lewat menggambar. gambar itu memiliki maksud dan tujuan masing-masing, tapi dimana setiap gambar itu akan berbeda fungsi dan tujuan, namun secara garis besar, fungsi dan tujuan gambar teknik adalah sebagai Penyampaian Informasi, Penyimpanan dan penggunaan keterangan (data teknis), dan juga Cara-cara pemikiran (perencanaan) data penyiapan informasi.
    6 Fungsi gambar Teknik mesin

  3. Metalurgi Fisik
    Mata Kuliah ini mempelajari struktur dan sifat fisik material lainnya dari logam dan paduannya. Mata kuliah ini sangat penting untuk dipelajari karena merupakan pendalaman dari jurusan teknik materi dan metalurgi itu sendiri.

  4. Statistika Material
    Mata Kuliah ini merupakan cabang dari ilmu statistika yang didalamnya membahas tentang unsur-unsur material dan penghitungannya.

  5. Termodinamika Metalurgi
    Mata Kuliah ini membahas mengenai proses interaksi metalurgi antar sistem yang relevan sekaligus kompleks.

Referensi:

Apakah ini juga top matakuliah di kampus-kampus yang ada teknik metalurgi dan material juga?
Apakah fungsi dari mata pelajaran statistika material ya? Mempelajari apa aja disana?