Tokoh pelukis Indonesia yang mengikuti kaidah pada masa seni lukis Indonesia Jelita

Seni lukis Indonesia Jelita atau yang dikenal dengan periode Mooi Indie, merupakan masa seni lukis dimana objek yang dijadikan fokus lukisan adalah keindahan alam Indonesia.
Siapakah, tokoh pelukis Indonesia yang mengikuti kaidah pada masa seni lukis Indonesia Jelita?

Abdullah Soeryo Soejobroto

Abdullah Soeryo Soejobroto lahir di Semarang pada tahun 1878 dan wafat di Yogyakarta pada1941. Ia adalah seorang pelukis Indonesia yang merupakan anak angkat Wahidin Sudirohusodo, seorang tokoh gerakan nasional Indonesia.
Karya dari Abdullah Soeryo Soejobroto antara lain:

R. M. Pirngadie

R. M. Pirngadie atau yang biasa dipanggil dengan nama Pirngadi, (lahir di Banyumas, 1875 - meninggal tahun 1936 pada umur 61 tahun) adalah pelukis naturalis dari aliran Mooi Indie dari Hindia Belanda.

Karya dari Pirngadi antara lain:

  • Pelabuhan Ratu
  • Pemandangan

Basoeki Abdullah
Salah satu pelukis maestro yang dimiliki Indonesia bahkan pernah diangkat menjadi pelukis resmi Istana Merdeka Jakarta. Salah satu lukisannya berjudul “Kakak dan Adik” tahun 1978 juga menghiasi dinding Galeri Nasional Indonesia. Basoeki Abdullah merupakan putra dari pelukis Abdullah Soeryo Soejobroto yang juga mengikuti kaidah melukis Indonesia Jelita.

Wakidi
Wakidi (lahir di Plaju, Palembang, Sumatera Selatan, 1889 – wafat di Bukittinggi, Sumatera Barat, 1979) adalah seorang pelukis naturalis asal Indonesia yang lukisannya banyak mengandung corak Mooi Indie (Hindia molek).
Karya dari Wakidi antara lain:

“senja di dataran mahat”

“lembah ngarai”