Tips Mudah untuk Mencegah Foundation Teroksidasi

Warna foundation yang menjadi lebih gelap menandakan terjadinya proses oksidasi. Apa tips mudah untuk mencegah foundation teroksidasi?

  1. Gunakan Skin Cara yang Bisa Menyeimbangkan Kadar pH Kulit
    Kondisi pH pada kulit wajah merupakan salah satu hal yang memiliki pengaruh terhadap foundation. Jika pH kulit terlalu asam, foundation cenderung lebih mudah dan lebih cepat teroksidasi. Anda dapat mengatasi masalah ini dengan menggunakan skin care yang dapat menyeimbangkan pH kulit. Jika Anda belum pernah menggunakan toner, ini saat yang tepat untuk menambahkan toner ke dalam rutinitas skin care Anda. Lebih teliti juga memilih cleanser yang kadar pH-nya sesuai untuk kulit.

  2. Blot Wajah Sebelum dan Sesudah Menggunakan Foundation
    Minyak pada kulit merupakan penyebab utama foundation teroksidasi. Pastikan untuk menyerap kelebihan minyak pada kulit, baik sebelum maupun sesudah mengaplikasikan foundation. Setelah menggunakan pelembap, beri jeda sekitar 15 – 20 menit agar pelembap menyerap dengan sempurna. Setelah itu, blot wajah Anda untuk menyerap kelebihan produk yang tidak terserap dalam kulit. Barulah Anda bisa mengaplikasikan foundation seperti biasa. Setelah mengaplikasikan foundation, blot kembali wajah Anda menggunakan blotting paper ataupun tisu wajah.

  3. Cermati Lagi Bedak yang Digunakan
    Penggunaan bedak setelah foundation memiliki banyak keuntungan. Selain membuat makeup menjadi lebih tahan lama, bedak juga dapat menyamarkan pori-pori sekaligus mencegah wajah menjadi lengket dan berminyak. Meskipun memiliki banyak keuntungan, salah pemilihan bedak dapat membuat foundation teroksidasi, lho! Hal ini disebabkan ada reaksi yang terjadi antara kandungan pada bedak dan kandungan pada foundation. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, gunakan foundation dan bedak yang berasal dari brand yang sama. Anda juga bisa menggunakan setting powder dengan warna translucent.

  4. Kocok Foundation dengan Baik Sebelum Digunakan
    Sebelum menggunakan foundation, pastikan untuk mengocok liquid foundation Anda dengan baik. Hal ini penting agar semua kandungan dalam foundation tercampur dengan rata. Penumpukan pigmen pada bagian bawah botol kemasan dapat membuat aplikasi foundation Anda menjadi tidak rata. Bahan-bahan yang tidak tercampur dengan rata juga dapat menyebabkan timbulnya reaksi antar bahan yang berujung dengan terjadinya proses oksidasi pada foundation.

  5. Gunakan Silicone-based Primer
    Penggunaan primer biasanya bertujuan agar makeup yang dipakai tetap matte dan lebih tahan lama. Tak hanya itu, primer juga dapat membantu mencegah foundation teroksidasi. Lapisan primer yang digunakan akan bertindak sebagai perantara antara kulit wajah dan foundation. Akibatnya, foundation tidak langsung terkena wajah dan tidak akan bereaksi dengan minyak wajah. Silicone-based primer mampu membuat lapisan perantara yang baik pada wajah sehingga paling ampuh untuk mencegah foundation teroksidasi.

Sumber:
https://journal.sociolla.com/beauty/tips-mencegah-foundation-teroksidasi/