Tips Merawat Wajah Setelah Berhenti Menggunakan Make Up

Siapa sih perempuan yang nggak suka menggunakan make up? Mayoritas perempuan pasti suka menggunakannya, termasuk kamu. Make up memang nggak pernah bisa lepas dari keseharian seorang perempuan. Tapi ketika berhenti menggunakan make up hal apa saja yang harus dilakukan?

1. Rajin mencuci muka, minimal sehari sekali
Wajah kamu akan mudah terkena polusi, debu dan kotoran karena kulit wajah tidak dilapisi dengan produk make up seperti foundation atau primer. Maka dari itu, diperlukan untuk mencuci wajah minimal sehari sekali untuk menghilangan berbagai kotoran dan debu yang menempel pada wajah kamu agar tidak kusam dan kering.

2. Tetap rutin menggunakan pelembap
Menjaga kelembapan kulit wajah itu penting, apalagi disaat kamu akan melakukan berbagai aktivitas, khususnya di luar ruangan. Sinar matahari serta udara kotor yang kamu dapatkan langsung saat berada di luar ruangan dapat menyebabkan wajah menjadi kusam dan kotor. Untuk itu, diharuskan menggunakan pelembap agar wajah tetap lembap dan terhindar dari flek hitam.

3. Rutin menggunakan masker wajah
Salah satu kunci agar wajah kamu tetap cantik meskipun tanpa menggunakan make up adalah dengan rutin menggunakan masker wajah. Karena saat kamu memutuskan untuk tidak menggunakan make up, kulitmu tentunya mudah untuk bernafas dan pergantian kulit baru tetap berjalan.

Nggak perlu ke salon hanya untuk masker wajah, kamu bisa kok membeli masker wajah sachet yang kini mudah di dapat di berbagai mini market atau swalayan. Kalau kamu malas membelinya, buat saja dengan berbagai bahan alami. Tentunya itu akan membuat wajahmu semakin sehat dan segar karena tak ada campuran berbagai bahan kimia di dalamnya. Tapi tetap harus diingat, sesuaikan masker dengan tipe kulit wajah kamu, ya.

4. Lakukan scrub beberapa kali dalam seminggu
Tanpa menggunakan make up wajah akan terus melakukan pergantian kulit baru. Oleh karena itu penggunaan scrub pada wajah sangat diperlukan. Exfoliation akan membantu mengelupas sel-sel kulit yang mati dan akhirnya membuat kulit wajah kamu terlihat kebih segar. Untuk penggunaanya, kamu bisa memilih exfoliation scrub yang alami dengan lotion dan toner yang dapat mengelupas sel-sel kulit mati tanpa perlu menggosoknya.

5. Menggunakan lip balm
Tanpa menggunakan make up dalam keseharianmu tentunya akan membuat wajahmu terlihat tampak pucat dan lesu. Maka untuk menyiasatinya gunakanlah lip balm agar bibirmu tetap terlihat lembab dan berseri. Tentunya wajah pucatmu akan tersamarkan.

6. Membentuk bulu mata dengan menjepitnya
Selain penggunaan lip balm, kamu juga bisa membuat matamu terlihat lebih segar dengan menggunakan penjepit bulu mata tanpa menggunakan maskara. Hal ini bertujuan agar mata kamu terlihat lebih hidup. Ingat, menjepit bulu mata ya bukan extension bulu mata.

7. Menjaga kebersihan gigi
Memiliki gigi yang bersih tentunya akan membuatmu lebih percaya diri ketika tersenyum. Sementara, senyum merupakan salah satu kunci kecantikan wajah kamu. Maka dari itu, rajin-rajinlah merawat kebersihan gigi kamu dengan meggosok gigi minimal dua kali dalam sehari. Jangan sering-sering mengonsumsi kafein apalagi alkohol.

8. Mengkonsumsi makanan sehat
Nggak hanya menutrisi dari luar, nutrisi kulit dari dalam juga sangat penting, makanya kamu harus mengkonsumi makanan-makanan yang sehat. Konsumsilah makanan yang mengandung banyak vitamin, mineral dan protein seperti buah-buahan, sayur-sayuran, susu dan ikan. Dengan mengkonsumsi makanan-makanan tersebut, kulit wajahmu akan sehat sehingga terlihat cantik alami. Hindari makanan yang mengandung zat pengawet, mengkonsumi kafein berlebih, dan kurangi produksi gula.

9. Tidur yang cukup
Kalau kamu terbiasa begadang, maka mulai saat ini kamu harus menguranginya atau bahkan dihentikan saja. Kamu harus memiliki waktu tidur yang cukup yaitu selama 7 hingga 8 jam setiap harinya. Hal ini bertujuan untuk menghindari munculnya kantung hitam di bawah mata serta meningkatkan produksi kolagen yang berfungsi sebagai pembentuk struktur kulit dan menjaga kekuatan kulit. Selain itu, tidur yang cukup akan membantumu menghilangkan stress dan memulihkan tenaga setelah beraktivitas seharian.

10. Rajin berolahraga
Rajin berolahraga akan membakar lemak-lemak jahat serta menjaga metabolisme tubuh dan membantu meningkatkan sirkulasi darah pada wajah sehingga wajah akan terlihat bersih, cerah, segar, dan sehat. Untuk itu, pilihlah olahraga yang dapat melatih kekencangan otot wajah kamu. Nggak perlu sering-sering kok, kamu bisa melakukannya selama 3 kali dalam seminggu.

Sumber : https://www.shopback.co.id/blog/tips-merawat-wajah