Tips merawat rambut berminyak

Banyak faktor rambut kita menjadi berminyak, padahal sudah melakukan perawatan rambut secara rutin. Saya ingin tahu, apa saja tips dalam merawat rambut yang berminyak.

  1. Keramas dengan cara dan shampo yang benar
    Pastikan Anda mencuci rambut Anda secara benar, yang berarti bilas, bilas, bilas. Anda harus membilas rambut Anda minimal 30 detik. Terkadang kulit kepala berminyak sebenarnya diakibatkan shampoo atau conditioner yang tidak terbilas secara benar dan masih tertinggal di kulit kepala.
    Bilas rambut Anda dengan air bersuhu normal setelah keramas. Jangan keramas pakai air hangat, karena air hangat dapat menstimulasi kelenjar yang dapat menghasilkan sebum, sementara air dingin dapat membantu menghentikannya. Membilas rambut dengan air bersuhu normal juga dapat menutup kutikula dan mengurangi kerusakan rambut Anda.

  2. Jangan sering-sering sentuh rambut
    Terkadang sering menyentuh atau memainkan rambut sehabis keramas bisa memicu rambut dan kulit kepala jadi berminya. Sentuhlah rambut Anda sesedikit mungkin jika Anda memiliki kecenderungan rambut berminyak. Semakin sering Anda memegangnya, menyisirnya, dan bahkan merapikan rambut, semakin banyak pula minyak yang Anda produksi dan membuat penampilan rambut jadi lepek.

  3. Rawat rambut dengan masker alami
    Selain menggunakan shampo anti minyak, coba Anda rawat rambut Anda dengan masker alami. Pasalnya, rambut berminyak mungkin disebabkan dari hasil berbagai produk shampo dan conditioner yang berat dengan bahan kimia. Beberapa bahan kimia juga bisa memicu kulit kepala jadi makin berminyak. Maka, coba gunakan masker rambut alami seperti masker alpukat atau masker lidah buaya, guna mengurangi produksi sebum minyak di kulit kepala.

  4. Kalau mau cepat, pakai dry shampo
    Rambut dan kulit kepala berminyak sebetulnya bisa diatasi depat dengan shampo kering alias dry shampoo. Gunakan dry shampo untuk menyerap minyak di kulit kepala. Aplikasikan ataus semprotkan sedikit saja saay memakainya. Tidak hanya menyerap minyak, shampoo kering juga dapat menambah volume dan menyerap aroma dari produksi minyak berlebih rambut Anda.
    Jika tak punya dry shampoo, Anda juga bisa menggunakan bedak bayi yang ditabur ke kulit kepala dan menyerap semua kelebihan minyak. Masalahnya, bedak bayi berwarna putih tentu akan meninggalkan jejak putih di rambut hitam orang Asia. Solusinya, gunakan bubuk cokelat alias cocoa powder. Jangan gunakan terlalu sering, karena bahan kimia dari bedak bayi dan cocoa powder bisa masuk ke dalam kulit kepala dan menimbulkan masalah seperti ketombe contohnya.

  5. Gunakan krim rambut dengan tipe anti lepek
    Sekarang banyak iklan atau produk yang menawarkan hasil antilepek untuk rambut Anda. Jika Anda menggunakan produk untuk styling rambut, gunakanlah yang berlabel “volumizing”. Produk ini biasanya mengandung minyak lebih sedikit sehingga tidak akan membuat rambut dan kulit kepala berminyak lebih banyak. Hindari produk yang menawarkan kilau ekstra. Kilau biasanya berhubungan dengan minyak.

  6. Coba blow rambut
    Selain cara di atas, Anda bisa mecooba gaya rambut keriting atau bergelombang untuk mengakali rambut yang lepek. Disarankan untuk tidak mencatok, gunakan metode blow guna menghindari rambut dan kulit kepala jadi tambah berminyak.
    Hal yang sama berlaku untuk alat pengering rambut (hair dryer). Usahakan untuk membiarkan rambut Anda kering dengan sendirinya, atau gunakan hair dryer dengan kipas yang mengeluarkan angin, bukan suhu panas. Bila Anda menggunakan pengering bersuhu panas, ini akan menstimulasi produksi minyak di kulit kepala dengan cepat.

Sumber: