Tips Menyimpan Coklat

Ada beberapa tips menyimpan coklat agar dapat bertahan lama

Coklat mengandung lemak. Seperti mentega, lemak tersebut dapat meleleh jika diletakkan dalam suhu yang tidak tepat. Oleh karenanya, dulu kulkas adalah tempat andalan saya untuk mengawetkan coklat. Namun setelah baca-baca lagi, ternyata cara menyimpan di kulkas ada aturannya, nih.

Coklat adalah bahan yang sensitif dengan udara lembab. Kulkas memiliki kelembaban cukup tinggi yang dapat menimbulkan sugar bloom, yakni bercak putih yang tersebar di permukaan coklat. Bercak ini tak berbahaya dan anda tetap bisa masak coklatnya dengan aman. Namun penampilan coklat jadi tak menarik, ya. Selain itu coklat, terutama dark chocolate, bisa mengalami kondensasi. Jadi ketika dilelehkan, coklatnya akan terasa berpasir.

Sebagian besar bakers percaya bahwa coklat akan jauh lebih awet dalam suhu ruang. Lebih tepatnya, dalam ruang sejuk atau sekitar 18-21 derajat Celcius. Syarat kedua, coklat wajib diletakkan dalam wadah kedap udara dan kering.

Namun ada pengecualian, nih. Udara saat musim kemarau di Indonesia pasti terasa panas, ya. Perubahan suhu akibat iklim juga dapat mempengaruhi suhu ruang rumah. Maka dari itu, coklat bisa disimpan dalam kulkas atau freezer asal dimasukkan dalam wadah kedap udara dan kering. Hal ini berlaku untuk coklat blok curah, dalam kemasan, dan chocochips.

Sumber: