Tips Menjaga Kesehatan Saat Travelling

image

Meskipun travelling itu menyenangkan namun travelling juga punya resiko terhadap kesehatan tubuh. Misalnya seperti efek jet lag, perbedaan suhu dan temperature dari tempat tinggal dan tujuan wisata, makanan baru, potensi terpapar bakteri dan virus dan juga resiko mengalami stress di perjalanan. Semua itu tentu saja bisa bermuara pada menurunnya kesehatan hingga akhirnya sakit. Pastinya akan sangat merepotkan ketika kalian sakit dalam kondisi travelling.

Untuk mencegah terpapar flu atau demam saat travelling, sebaiknya kalian rutin mengkonsumsi vitamin D dan B12. Kedua vitamin tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga imun tubuh sehingga tidak mudah sakit. Terutama saat travelling yang mudah membuat tubuh menjadi lelah karena melakukan banyak aktivitas seharian. Multi vitamin B sangat bermanfaat untuk energy dan imun tubuh. Tentunya sangat berguna juga jika kalian kerap terlambant beranjak ke tempat tidur saat travelling demi memanfaatkan waktu liburan. Meskipun demikian, kurang tidur saat travelling pun tidak baik bagi kesehatan. Jadi, batasi dan tidak boleh terlalu sering begadang ya.

Bawalah obat-obatan yang berkaitan dengan demam/flu. Misalnya seperti permen pelega tenggorokan, obat penurun panas atau mungkin obat herbal seperti teh herbal yang bisa menjaga tubuh tetap hangat.

Traveller ada tips menjaga kesehatan lainnya?

image

Minumlah cukup air sejak dari airport. Untuk beberapa maskapai penerbangan memang tidak mengizinkan membawa botol air mineral. Selalu cek syarat dan ketentuan saat booking tiket pesawat. Jadi, usahakan untuk minum cukup sehingga kalian tidak mengalami dehidrasi selama perjalanan panjang di pesawat. Dalam kondisi ruangan tertutup dengan pendingin biasanya tubuh akan lebih mudah dehidrasi dibandingkan dengan trekking menyusuri jalan di savanna.