Tips menjadi siswa dan mahasiswa yang aktif

Tips Menjadi Siswa dan Mahasiswa yang Aktif
Oleh Tommy Pungkaswani

  1. Berusaha untuk aktif di kelas
    Saat ada sesi tanya jawab di kelas cobalah untuk aktif bertanya kepada dosen dan guru, anggaplah dosen dan guru sebagai sahabat yang siap untuk membantu dan saling berdiskusi . Jangan takut untuk menjawab pertanyaan dari dosen atau guru yang berkaitan dengan materi, karena saat proses pembelajaran sebenarnya semua siswa atau mahasiswa sama-sama sedang belajar, sehingga tidak ada yang lebih berkuasa atau memiliki kedudukan yang tinggi.

  2. Berani mengemukakan pendapat
    Kampus dan sekolah merupakan salah satu tempat untuk melatih keberanian berpendapat di muka umum. Seperti menanggapi isu terkini hingga menanggapi permasalahan yang berkaitan dengan materi. Oleh karena itu cobalah untuk mengemukakan pendapat, tentunya dengan cara yang baik agar pendapat yang baik tepat disampaikan dengan bijaksana.

  3. Berdiskusi dengan siswa atau mahasiswa lain.
    Setelah selesai pembelajaran di kelas , cobalah luangkan waktu sebentar untuk berdiskusi dengan siswa atau mahasiswa lain. Sebagai contoh istirahat 30 menit, luangkan waktu 3-5 menit, untuk berdiskusi seperti kendala pembelajaran atau hal-hal menarik yang berhubungan dengan materi. Begitu juga setelah pulang dari kampus atau sekolah luangkan waktu 30 menit baik melalui online maupun bertemu secara langsung, cobalah untuk berdiskusi materi secara santai dengan siswa atau mahasiswa lain. Hal ini bisa membuka dan melatih kemampuan berdiskusi.

  4. Tidak lupa untuk berbagai kepada sesama.
    Salah satu hal yang berhubungan dengan perkuliahan yaitu pengabdian kepada masyarakat. Hal ini juga bisa diterapkan untuk dunia sekolah. Tentunya seorang siswa dan mahasiswa harus berusaha keras melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan cara masing masing. Bisa membuat kelompok pembelajaran sehingga semua siswa dan mahasiswa bisa saling bertukar pembelajaran. Bisa juga melalui gotong royong yaitu membantu masyarakat agar kebersihan lingkungan semakin terjaga. Atau bisa juga dengan menggalang bantuan sosial. Menjaga keamanan lingkungan sekitar dengan melakukan patroli secara rutin yaitu dengan cara berbagi tugas antara siswa dan mahasiswa, sebagai contoh kelompok A menjaga keamanan jam 13-14 , kelompok B 15-16 ,dan seterusnya. Serta masih banyak langkah positif yang bisa dilakukan siswa dan mahasiswa agar semakin aktif dalam kegiatan sosial.

Riau, 26 Juli 2022