Tips mengatasi bibir kering dan pecah-pecah

Bibir merupakan salah satu bagian tubuh kita yang cukup sensitif. Bibir yang sehat adalah bibir yang merah merona, tidak kering dan pecah-pecah. Adakah tips untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah?

1. Air
Salah satu penyebab kulit dan bibir kering adalah dehidrasi. Dengan meminum banyak air akan mengembalikan kelembaban yang hilang dan menjaga tubuh agar terhidrasi dengan baik. Minum setidaknya 8 gelas sehari, terutama sebelum makan dan sebelum tidur. Selain itu air akan membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh, membuat kuit lebih kencang dan bercahaya.

2. Air Mawar
Air mawar dan kelopaknya bisa digunakan untuk menjaga kelembaban bibir dan membuatnya menjadi lebih berkilau dengan penggunaan teratur. Petik segenggam kelopak bunga mawar dan rendam di dalam susu atau gliserin untuk beberapa saat, bisa juga ditambahkan madu untuk hasil lebih maksimal, lalu haluskan kelopak mawar. Setelah itu usapkan ke bibir hingga ke seluruh wajah bila perlu. Lakukan setiap sebelum tidur.

3. Krim Susu
Kandungan lemak yang tinggi dalam krim susu membuatnya menjadi pelembab bibir yang alami. Dengan krim susu segar, oleskan pada bibir, lalu biarkan setidaknya selama 10 menit. setelah itu bilas dengan air hangat. Lakukan ini setiap hari sampai bibir benar-benar lembab.

4. Minyak Jarak (Castor Oil)
Minyak ini merupakan salah satu perawatan terbaik untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Cukup oleskan saja minyak jarak atau minyak kastor ke bibir 1-2 kali sehari. Atau untuk hasil lebih maksimal bisa dicampur dengan satu sendok teh gliserin dan beberapa tetes air lemon, lalu oleskan ke bibir setiap sebelum tidur. Bersihkan menggunakan kapas yang sudah dibasahi dengan air hangat pada keesokan harinya. Lakukan setiap hari hingga bibir kembali lembab.

Sumber : https://www.webkesehatan.com/tips-atasi-bibir-kering-pecah/