Tips Mengasah Pisau Agar Tajam Kembali

Yuk bagikan tips untuk mengasah pisau agar dapat kembali digunakan untuk memasak!
image

1. Basahi batu asah dengan air
Sebelum digunakan, batu asah sebaiknya anda basahi dulu dengan air. Dalam keadaan basah, permukaan batu asah akan terlumasi dan memudahkan anda untuk menggesekkan pisau pada batu. Hindari menggunakan minyak pelumas. Sebab, dapat menutup pori-pori batu asah. Untuk kelembapan yang lebih baik, batu asah bisa direndam dulu dalam air selama 30 menit.

2. Asah dengan kemiringan 10-20 derajat
Kalau melihat mata pisau dengan baik, anda pasti akan sadar kalau bagian tersebut tidak rata. Melainkan mengerucut, sehingga terbentuk bagian yang tajam. Maka dari itu, saat diasah, pisau pun tidak boleh dalam keadaan rata.
Taruh pisau dalam posisi tertidur di atas batu asah. Kemudian, angkat pisau sedikit sekitar 10-20 derajat untuk menyamai bagian yang mengerucut, karena bagian tersebutlah yang perlu diasah.

3. Asah secara searah ke bawah
Untuk membuat pisau tajam dan simetris, anda harus mengasahnya ke arah yang berlawanan dari arah biasanya memotong. Nah, berhubung arah memotong biasanya ke depan atau atas, maka saat diasah, pisau ditarik ke arah bawah. Tarik secara searah dan fokus pada satu sisi terlebih dulu sebelum menajamkan sisi satunya. Beri sedikit tekanan supaya mata pisau terkikis dengan baik.
Perlu diperhatikan, jangan mengasah pisau secara bolak-balik. Nanti, pisau malah akan cepat tumpul.

4. Cukup 5-7 kali saja
Seringnya, kita tidak tahu harus mengasah setiap sisi mata pisau itu sampai kapan hingga tajam. Alhasil, kita terus-terusan mengasah dan membolak-baliknya hingga merasa yakin kalau pisau sudah tajam lagi.
Ternyata, setiap sisi mata pisau hanya perlu diasah sekitar 5-7 kali saja. Jumlah tersebut sudah cukup membuat mata pisau menjadi tajam dan siap digunakan. Anda juga bisa mengecek mata pisau, apakah sudah terbentuk burr atau garis-garis bekas asahan yang kasar. Kalau sudah, tandanya pisau sudah cukup tajam.

5. Cuci bersih pisau setelah diasah
Mata pisau yang sudah diasah harus dicuci dulu sebelum digunakan memotong. Bekas asahan dan sisa-sisa permukaan batu asah yang tertinggal dapat memunculkan bakteri. Pastinya sangat bahaya kalau sampai masuk dalam makanan. Setelah dicuci bersih, keringkan mata pisau dengan tisu atau lap dapur sampai kering.
Untuk menguji ketajaman pisau yang baru diasah, gunakan kertas dan coba potong kertas tersebut. Jangan sekali-sekali memastikan ketajamannya dengan menarik ujung jari di tepi pisau. Karena nanti jari anda bisa teriris.

Referensi: