Tips mencatok rambut agar mendapatkan hasil yang maksimal

Penataan rambut menggunakan alat catok selalu menjadi andalan setiap orang untuk mencapai tampilan maksimal. Tapi seringkali kita mengeluh karena hasil catokan tidak sesuai dengan keinginan.

  • Pilih Jenis Bahan Alat Catok yang Tepat
    Sarah Potempa, seorang hair stylist para selebritis di kota New York menuturkan bahwa bahan alat catok juga menentukan kualitasnya saat digunakan. Bila Anda memiliki rambut keriting, carilah flat iron yang terbuat dari bahan emas atau titanium. Untuk rambut normal, Anda bisa memilih alat catok yang terbuat dari bahan keramik seperti Vidal Sasson Straightening Iron.

  • Pilih Kapasitas Alat Catok
    Sebagian orang terlahir dengan ketebalan rambut yang berbeda-beda sehingga Anda perlu mencari alat catok yang sesuai kondisi rambut. Sebastian Scolarici, seorang hairstylist dari New York menganjurkan untuk memilih flat iron plate yang terbuat dari bahan keramik atau tourmalin karena memiliki daya jangkau yang lebih besar.

  • Kenali Jenis Ketebalan Alat Catok
    Harry Josh, stylist ternama yang sering menangani gaya Miranda Kerr dan Gisele Bundchen juga menganjurkan untuk selektif memilih ketebalan alat catok yang akan dikenakan. Sebagai contoh, alat catok dengan ketebalan 4 cm lebih bagus untuk digunakan styling, bukan straightening sebab alat catok jenis ini akan membuat Anda kesulitan untuk mencapai pangkal rambut.

  • Kenali Suhu Ideal
    Beberapa orang beranggapan, makin tinggi suhu alat catok yang kita gunakan makin cepat proses pelurusan rambut. Padahal, suhu ideal pemakaian alat catok adalah 185° celcius dan tak boleh lebih dari itu. Sebab, suhu alat catok yang terlalu tinggi justru akan merusak kelembaban rambut dan kandungan keratin di dalamnya yang dapat mengakibatkan rambut merah dan bercabang.
    Sebelum menggunakan alat catok pada rambut Anda, pastikan Anda tidak lupa untuk menyemprotkan vitamin rambut.

  • Bersihkan secara rutin
    Sering dipakai bukan berarti menjadikan Anda lupa untuk membersihkan catok rambut, bukan? Bersihkan alat catok Anda dari bekas heat-protectant spray dan berbagai styling products lainnya agar kemampuannya efektif dan tidak mengakibatkan rambut rusak. Gosokkan kain lembut yang sudah dibasahi dengan alkohol dan usapkan pada alat catok agar ia tetap bisa berfungsi secara maksimal walau digunakan berkali-kali.

  • Simpan di tempat yang tepat
    Usai dibersihkan, jangan lupa untuk menyimpan hair tool ajaib ini dalam wadah atau rak khusus yang permukaannya tahan panas. Dengan begitu, tidak akan ada bahan-bahan lain yang menempel dan mengganggu performa alat catok.

Sumber: