Tips memilih makanan untuk landak mini

Bagaimana cara memberikan makanan untuk landak mini?

Makanan dan Minuman

Cara merawat landak mini berikutnya adalah dengan mengetahui makanan yang tepat untuk landak mini. Hewan ini tergolong pemakan serangga (insectivora), sehingga membutuhkan makanan yang berprotein tinggi namun rendah lemak.

Di Indonesia belum ada pakan khusus untuk landak mini, tetapi kita bisa menjadikan pakan kucing atau anjing (kering) yang biasa dijual di petshop sebagai makanan utamanya. Pilihlah catfood atau dogfood yang memiliki aroma “amis” yang cukup tinggi. Hal ini berguna untuk meningkatkan nafsu makan landak mini. Pakan kucing atau anjing bermanfaat sebagai cadangan energi dan pembangun otot landak.

Makanan Selingan

Landak mini peliharaan tetap butuh makanan segar meskipun hanya sebagai selingan atau secondary food. Kami merekomendasikan serangga seperti: ulat hongkong atau jerman, kroto, jangkrik, mealworm, sayur-sayuran dan buah-buahan.

Tiap landak memiliki kesukaan yang berbeda, maka dari itu biarkan landakmu mencoba berbagai jenis makanan selingan yang kami rekomendasikan. Agar nantinya kamu bisa tahu apa yang disukainya. Walaupun namanya makanan selingan, tapi ini wajib diberikan kepada landak mini karena memiliki beberapa manfaat. Yaitu:

  • Menghindarkan rasa jenuh pada landak mini. Karena jika jenuh, mereka bisa melakukan aksi mogok makan.

  • Menjaga insting ata naluri alamiahnya, yaitu berburu mangsa. Dengan berburu mangsa maka landak mini menjadi aktif bergerak. Hal ini secara tidak langsung melatih fisiknya agar tetap bugar.

  • Landak mini perlu makanan segar, karena sehari-harinya makan pakan instant.

Sebagai nutrisi tambahan, landak mini dapat diberikan VITERNA Plus (Vitamin Ternak) dari PT Natural Nusantara. VITERNA Plus bermanfaat untuk menambah nutrisi pada pakan agar kebutuhan nutrisi landak mini tercukupi dengan baik.

Dosis Pakan

Makanan Utama: 3-4 kali sehari, berikan sekitar 2-4 sendok makan.
Makanan Selingan: 3-7 hari sekali pada landak dewasa. 2-3 kali sehari untuk induk yang sedang hamil dan landak mini yang masih dalam masaa pertumbuhan (1-2 bulan)

Pantangan

Landak tidak tahan terhadap laktosa, sehingga sangat dilarang memberikan susu dan coklat. Memakan makanan tersebut dapat membuat landak sakit bahkan kematian.

Buah yang tingkat keasamannya tinggi seperti alpukat, kismis dan jeruk. Asam menyebabkan sistem pencernaannya terganggu.Pakan yang mengandung pengawet, zat pewarna, dan pemanis yang berlebihan.
Selain itu landak mini tidak disarankan mengonsumsi daging ikan laut maupun tawar, karena membuat pup nya menjadi lebih bau.Untuk minum cukup sediakan air putih matang. Pastikan air di tempat minumnya tidak sampai habis ataupun kotor.