Tips memilih kolang kaling yang segar khusus untuk lebaran

kolang-kaling adalah salah satu dari beberapa penyempurna makanan terkhusus makanan manis seperti kolak,sop buah dan lain-lain. namun seiring berjalanya waktu dan meningkatnya kebutuhan hidup tidak sedikit orang yang berbuat curang dengan menambahkan bahan-bahan kimia dalam pengolahannya

download (9)

  1. Pilih yang muda

Anda pasti menginginkan kolang-kaling yang empuk saat dimakan. Nah, untuk mendapatkan kolang-kaling seperti itu, maka anda harus membeli kolang-kaling yang masih muda.

  1. Air rendaman

Kolang-kaling biasanya dijual dalam keadaan yang terendam air. Hal tersebut bertujuan agar kolang-kaling tetap segar. Tapi kadang ada saja pedagang nakal yang tak mengganti air rendaman tersebut. Pilihlah kolang-kaling yang air rendamannya selalu diganti. Cirinya adalah air tetap jernih.

  1. Aroma

Seperti yang kita ketahui, kolang-kaling memiliki aroma asam yang khas. Ada beberapa orang yang mungkin sedikit terganggu dengan aroma asam tersebut, lalu memilih kolang-kaling yang tidak beraroma.

  1. Warna

Seperti yang disebutkan di poin pertama, kolang-kaling memiliki warna bening atau kusam. Jika anda menemukan kolang-kaling yang berwarna putih sangat bersih, bisa dipastikan jika kolang-kaling tersebut mengandung zat formalin yang tidak baik bagi tubuh.

  1. Tekstur

Kolang-kaling memang memiliki tekstur yang sedikit kenyal, tapi hati-hati jika anda menemukan kolang-kaling yang kenyalnya tak wajar. Coba anda tekan kolang-kaling beberapa kali dengan kuku. Jika kolang-kaling tersebut tetap elastis, mungkin kolang-kalingnya sudah diberikan formalin.

  1. Perhatikan apakah kolang-kaling dihinggapi lalat atau tidak

Makanan yang dihinggapi lalat memang terkesan jorok dan menjijikkan, tapi ternyata keberadaan lalat juga bisa dimanfaatkan untuk mengetes apakah suatu makanan diberi zat pengawet atau tidak, termasuk kolang-kaling.