Tips memelihara reptil dragon bearded secara mudah

Gambar-bearded-dragon-300x250

Tips memelihara reptil dragon bearded secara mudah

Terrarium atau kandang
Meskipun ukurannya tidak terlalu besar (sekitar 30-50cm maksimum), BD perlu ruang yg luas untuk tempat tinggalnya. BD dewasa senang memakan hewan-hewan kecil apa saja yg bergerak, BD bayi harus dipisahkan dari yang ABG (remaja) dan dewasa. BD jantan bersifat teritorial, minimum ukuran tank yg diperlukan utk 1 jantan adalah ukuran 75 gallon. Jumlah BD yg terlalu banyak di satu terarium akan membuta BD menjadi mudah strees, gak mau makan,suka ngumpet dan berantem hingga jari-jari dan kukunya kan putus.
Ukuran vivarium harus seimbang antara tinggi dan lebar, BD bias bergerak sangat cepat saat memanjat ataupun berlari keliling kandang, jadi sebaiknya vivarium memiliki bukaan atas,supaya jangktrik juga tidak mudah loncat keluar kandang. Tempat tinggal BD harus nyaman, dengan ventilasi udara yg bagus, tapi tetap hangat. Bagian atas dari kandang sebaiknya terbuat dari bahan yg berlubang-ubang kecil seperti kawat kasa.Pastikan bagian atas kuat menahan lampu buatan yg biasanya lumayan berat. Sebaiknya di sebuah vivarium terbagi dengan daerah berpasir, batu besar dan kolam, tapi apabila susah bisa diganti dengan alas koran dan karpet. Ranting yg kuat untuk mereka memanjat juga sangat penting, karena BD senang sekali meanjat dan nongkrong sambil berjemur. Jangan sekali-kali menggunakan pasir untuk kucing atau cat litter, serbuk kayu dan potongan batang jagung. Pasir lebih baik dicuci dahulu, supaya bebas bakteri dan kuman.

Lampu
Jenis lampu yg dipakai harus DIPERHATIKAN ! Pastikan lampunya memiliki UVB seperti merk: Duro-Test?s Vita-Lite atau Vita-Lite Plus, Zoo Med?s Iguana atau produk yg sama dengan merk lain. Jangan menggunakan lampu utk aquarium/lampu tanaman. Hanya gunakan lampu khusus reptile. Atau cara ter-murah dan meriah adalah di jemur dibawah sinar matahari antara jam 7 pagi sampai jam 9 pagi. Karena bearded dragon termasuk jenis kadal yg SANGAT membutuhkan calsium. Lampu Neon biasa akan membuat BD jadi stress, kehilangan nafsu makan dan bisa berakhir dengan kematian.

Air
Selalu sediakan air bersih, setiap hari. Cek apabila dia buang hajat d air maka harus langsung diganti. Tempat minum jangan terlalu dalam sehingga membuat BD susah utk minum. Jangan menyediakan tempat utk mandi, karena akan membuat mudah terjangkit kutu dan penyakit kulit lainnya. Kalau BD suka mandi semprotkan saja air dengan semprotan tanaman sekali sehari.

Diet
Ukuran makanan tidak lebih dari 2/3 ukuran kepala Bearded Dragon!!! Karena BD tidak bisa memilih, maka dia bisa cedera kalo makan makanan yg terlalu besar (misal: jangkrik, tikus). Makanan BD sbb: jangkrik (sesuai 2/3 ukuran kepala), ulat bambu, ulat tongkong, utk BD dewasa bisa mulai diberikan pinkies (tikus putih usia 1 atau 2 hari). Sayur dan buah juga baik diberikan tidak lebih dari 20% diet Bearded Dragon. Sayuran yg bisa diberikan adalah: selada, kailan, kale, wortel (serut). Buah-buahan terdiri dari: pisang, pepaya, tomat (tanpa biji), jeruk manis.

Kalsium
Selalu berikan kalsium yg cukup, sesuai aturan tiap kemasan dari merk kalsium khusus reptile seperti misalnya produk “Rep-Ca”l. Pastikan pemberian dalam bentuk serbuk yg d campur dengan makanan. Utk jangkrik paling mudah yaitu dengan memasukkan jangkrik ke kantong plastik lalu taburi dengan kalsium lalu kocok sebentar sampai jangkrik seperti dibedaki. Jangkrik kecil lebih banyak mengandung kalsium dan protein. Biasanya pemberian kalsium cukup 2-3 kali seminggu. Untuk baby dragon dan bearded dragon betina hamil asupan kalsium sebaiknya 3-4 kali seminggu.