Tips membuat ayam goreng kremes agar renyah?

image
Pemberian nama kremes berasal dari gurihnya baluran tepung daging ayam tersebut yang sangat krispy.

  1. Gunakan adonan tepung
    Adonan untuk membuat kremesan ternyata gak begitu susah, lho. Biasanya adonan kremesan terbuat dari tepung kanji, tapi kamu juga bisa menggunakan tepung beras atau tepung sagu. Supaya ada rasa gurih, jangan lupa tambahkan bumbu seperti garam, bawang putih, kemiri, dan kunyit sebagai pewarna ya.

  2. Gunakan kaldu ayam untuk kremesan yang lebih enak
    Kalau kamu mau sensasi rasa yang lebih enak lagi, kamu bisa lho mencairkan tepung menggunakan kaldu ayam yang sudah dibumbui sebelumnya. Dijamin deh, rasanya bakal jauh lebih enak, gurih, dan berasa ayam banget walaupun sebenarnya makan tanpa ayam. Tapi, untuk bumbu kaldu ayam jangan terlalu banyak gula ya, karena gula bisa membuat kremesan lebih cepat gosong ketika digoreng. Oh iya, kalau kamu mau kremesan yang lebih empuk kamu juga bisa kok menambahkan kuning telur.

  3. Gunakan wajan anti lengket dan minyak panas ketika menggoreng kremesan
    Wajan anti lengket digunakan untuk menggoreng kremesan agar kremesan yang kamu goreng tidak menempel di dasar wajan. Kalau sudah menempel, pasti akan susah untuk diangkat dengan sempurna.
    Nah, untuk menggoreng adonan kremesan yang sudah dibuat, kamu harus menggunakan minyak panas. Penggorengan adonan di atas minyak panas akan membentuk kremesan yang berbentuk serabut-serabut atau jaring-jaring. Kalau kamu menggoreng dalam keadaan minyak yang belum panas, kamu akan mendapatkan kremesan yang lembek dengan bentuk yang kurang bagus. Ketika menggoreng adonan, jangan menuang terlalu banyak agar tidak menggumpal. Satu sendok sudah cukup, kok.

  4. Simpan kremesan yang sudah jadi di dalam wadah kedap udara
    Yang terakhir, kremesan yang sudah mulai dingin bisa kamu simpan di dalam wadah kedap udara. Hal ini dilakukan agar kerenyahan dari kremesan tetap terjaga. Jika kremesan yang sudah jadi kamu biarkan di ruangan terbuka maka kremesan jadi cepat alot dan lembek.

Sumber: