Tips memasak steak yang sempurna

Jika Anda menjadi tuan rumah untuk sebuah acara makan malam semi-formal, steak bisa menjadi salah satu pilihan menu utama dalam sajian Anda.

image

Tips pertama
Pastikan Anda membeli daging organik dari sapi yang dibesarkan dengan sistem diet rumput. Daging sapi organik tersebut tentunya akan jauh lebih sehat daripada daging sapi biasa. Pilih daging yang berwarna merah tua dengan sedikit lemak keras berwarna putih. Warna merah tua tersebut mengindikasikan bahwa daging masih segar dan akan menghasilkan steak yang empuk dan gurih setelah dimasak.

Tips kedua
Keluarkan daging sapi dari dalam lemari es sebelum dimasak dan biarkan selama setengah hingga dua jam ke depan. Hal ini akan membuat steak Anda akan semakin empuk dan lezat.

Tips ketiga
Tepuk-tepukkan daging sapi Anda sampai terasa kering dan berilah bumbu secukupnya. Biasanya garam dan merica bubuk saja sudah cukup sebagai bumbu dasar.

Tips keempat
Gunakan mentega, lemak, atau minyak kelapa untuk memanggang steak Anda. Jangan pernah sekalipun menggunakan minyak zaitun karena minyak tersebut tidak baik bagi kesehatan ketika dimasak dengan suhu tinggi.

Tips kelima
Ketika memasak steak, jangan terlalu sering membolak-balik daging Anda. Anda hanya perlu membaliknya sekali di waktu yang tepat. Steak Anda siap dibalik ketika Anda melihat sedikit cairan di atas bagian daging yang belum dimasak. Hindari membalik dengan garpu dan gunakan penjepit agar tidak merusak rasa.

Tips keenam
Setelah selesai, biarkan steak lima sampai sepuluh menit sebelum dihidangkan di meja makan. Anda bisa menuangkan jus atau menyiapkan makanan lainnya sembari menunggu steak untuk disantap.

Referensi: