Tips memasak Bubur Sumsum Agar Tidak Menggumpal

  1. Pilih tepung beras dengan warna putih mengkilat
    Kunci bubur sumsum yang lezat adalah tepung beras yang berkualitas. Gunakan tepung yang tidak berbau apek dan warnanya putih mengkilat. Imbangi juga dengan pemilihan santan yang berkualitas baik. Lebih disarankan menggunakan santan segar daripada santan kemasan.

  2. Larutkan tepung beras sebelum dipanaskan
    Maksudnya adalah larutkan atau cairkan dulu tepung beras dengan sebagian santan di mangkuk terpisah terlebih dahulu. Aduk dan larutkan sampai licin. Baru setelah itu pindahkan ke panci untuk dipanaskan. Dengan begini, tepung beras tidak akan mudah menggumpal dan bisa menghasilkan bubur yang lembut.

  3. Aduk adonan tepung dengan api sedang
    Di panci, masukkan lagi sisa santan. Tambahkan daun pandan dan garam secukupnya. Kemudian masak dengan api sedang. Jangan lupa untuk terus diaduk sampai kental dan mendidih. Pastikan memasaknya sampai meletup-letup ya agar buburnya nanti tidak menimbulkan bau tepung yang masih mentah. Kalau tidak sampai mendidih, dikhawatirkan nanti bubur yang dihasilkan masih berbau apek dan pastinya tidak enak di mulut.

Larutkan tepung beras dengan santan terlebih dahulu

Tepung beras perlu dicairkan dulu agar dapat menyatu dengan santan saat dipanaskan. Kalau tidak, tepung beras akan cenderung menggumpal saat dimasak dan tekstur akhirnya tidak lembut. Cara mencairkannya, campurkan tepung beras dan setengah takaran santan dalam satu wadah. Aduk hingga larut dan licin.