Tips memakai conditioner agar rambut tidak lepek

Alasan yang paling sering didengar selama ini kenapa banyak yang melewatkan pemakaian conditioner setelah keramas adalah ribet dan takut rambut lepek. Bagaimana tips memakai conditioner agar rambut tidak lepek?

  1. Pilih conditioner yang sesuai.
    Kenali jenis rambutmu terlebih dulu, apakah kering dan kusam, berminyak, atau rusak karena penataan rambut yang berlebihan. Kebutuhan rambut rusak karena diwarnai tentu berbeda dengan rambut rusak akibat smoothing. Tentu pilihan conditioner-nya pun berbeda dengan mereka yang memiliki rambut virgin dengan kerusakan minimal. Tapi bukan berarti rambut yang terlihat sehat tak butuh conditioner!

  2. Peras sedikit rambut.
    Persiapkan rambut sebelum memakai conditioner dengan cara meremasnya. Tujuannya agar tidak ada air berlebihan yang terbawa di rambut setelah keramas sehingga conditioner dapat meresap dan bekerja lebih efektif.

  3. Gunakan dari bagian yang paling kering.
    Fokus pada ujung rambut yang yang biasanya lebih rentan kering dan bercabang. Usapkan secara merata di bagian ujung rambut, kemudian remas-remas perlahan. Lalu lanjut mengaplikan conditioner pada bagian batang rambut. Kalau rambutmu panjang, bisa juga menggunakan sisir bergigi jarang agar conditioner lebih tersebar secara merata. Hal ini akan sangat berguna bagi kamu yang memiliki rambut tebal.

  4. Hindari area kulit kepala.
    Berbeda dengan shampoo, akar rambut dan area kulit kepala tidak perlu diberikan conditioner. Kesalahan yang dilakukan banyak orang inilah yang bisa menjadi penyebab rambut menjadi lepek. Hal ini terjadi karena kulit kepala, area minyak alami rambut diproduksi, mendapat kelembapan ekstra dari conditioner. Hasilnya, tingkat kelembapan di area tersebut akan tinggi, melebihi batas yang dibutuhkan oleh rambut.

  5. Bilas dengan air dingin.
    Kami tahu bahwa mandi dengan air hangat adalah hal yang menyenangkan. Tubuh menjadi rileks dan terasa nyaman, terutama bila kita harus pagi-pagi buta saat udara sedang kurang bersahabat. Mengguyur badan dengan air hangat saat mandi sah-sah saja, tapi pastikan kamu membilas rambut setelah keramas dengan air dingin, atau paling tidak, suhunya tidak jauh beda dengan suhu tubuh.

Sumber: