Tips melakukan perjalanan dengan Kapal Laut

Mudik dengan kapal laut menjadi salah satu pilihan untuk menghindari kecelakaan di jalan terutama bagi pengendara sepeda motor. Jalur kapal laut yang tersedia seperti Jakarta-Semarang dan Jakarta-Surabaya memang menjadi salah satu jalur favorit meskipun ditempuh dengan perjalanan yang lebih lama dibandingkan dengan menggunakan moda transportasi lainnya. Selain digunakan untuk mudik, kelebihan menggunakan moda transportasi Kapal Laut adalah dapat melihat pemandangan laut yang luas, dan jika beruntung anda dapat melihat gerombolan luma-lumba menari loncat-loncat dari permukaan air.

image

Namun untuk dapat melakukan perjalanan dengan Kapal Laut, hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain mengatur jadwal keberangkatan dan kepulangan agar dapat memesan tiket kapal laut lebih awal untuk mencegah kehabisan tiket, lalu cari tempat duduk terbaik di kapal laut, buat kamu yang pertama kali mudik dengan kapal laut hindari memilih tempat duduk di depan ataupun dibagian belakang kapal. Kursi terbaik atau tempat duduk terbaik di kapal laut adalah di bagian tengah. Kamu bisa mencari kabin atau tempat duduk dekat jendela agar bisa menghirup udara segar lebih mudah.

Anda punya tips lain mudik dengan menggunakan transportasi laut yaitu Kapal Laut? Yuk reply topic ini, dan diskusikan bersama!

TIPS 1 : Bawa tabir surya dan aksesoris liburan musim panas

Selama perjalanan tentu kamu tidak hanya tidur atau duduk-duduk saja. Kamu bisa mengeksplorasi semua faslitas yang disediakan kapal laut. Ada baiknya kamu membawa tabir surya, kacamata dan topi karena panas matahari di lautan lebih terik dari di daratan.


TIPS 2 : Hindari menggunakan perhiasan berlebihan

Demi keamanan dan keselamatan baiknya tidak menggunakan perhiasan berlebihan. Hindari juga membawa barang-barang berharga yang tidak terlalu dibutuhkan saat berada di kampung halaman.

Pastikan barang berharga selalu dibawa kemanapun kamu pergi. Kunci kamar atau kabin dengan rapat dan baik untuk mengindari hal yang tidak diinginkan.


TIPS 3 : Hindari membawa uang terlalu banyak

Beberapa kapal laut bisanya sudah tersedia berbagai fasilitas mulai dari toko, penyewaan hiburan seperti penyewaan play station hingga ruang karaoke. Harga di kapal laut memang lebih mahal sedikit namun bukan menjadi alasan untuk membawa uang lebih banyak. Cukupkan saja untuk kebutuhan selama 24 jam. Biasanya keperluan hanya untuk belanja camilan dan kopi.


TIPS 4 : Pelajari safety tips dan petunjuk dari awak kapal laut

Sebelum berangkat bisanya ada petunjuk keselamatan yang diputar di layar televisi atau diberikan petunjuk langsung oleh awak Kapal Laut. Pastikan kamu mengetahui tempat pelampung dan jalur evakuasi jika sewaktu-waktu terjadi kondisi darurat.

Ingat! Saat dalam kondisi darurat jangan pernah pikirkan harta benda yang dibawa, dalam kondisi seperti itu keselamatan dan nyawa keluarga menjadi prioritas dibandingkan yang lainnya.