Tips Korektif Bibir dengan Menggunakan Makeup

Dalam urusan makeup, bibir memegang peranan penting karena dapat menjadi pelengkap sebuah makeup look. Namun seperti yang kita tahu juga, semua orang memiliki bibir dengan bentuk dan ukuran yang berbeda. Ada yang merasa bibirnya kurang tebal, ada juga yang ingin bibirnya tampak simetris.

Bibir Atas atau Bawah yang Lebih Tebal
Jika bibir atas dan bawah memiliki ketebalan yang cukup berbeda, ada dua opsi yang bisa Anda lakukan. Pertama adalah dengan cara menebalkan bibir yang lebih tipis, kedua adalah dengan cara menipiskan bibir yang lebih tebal.

Tips Korektif Bibir
Drooping corner pada bibir membuat pemilikinya terlihat seperti sedih atau grumpy. Sudut bibir yang turun dapat diakibatkan oleh genetik atau karena proses penuaan. Masalah ini bisa mudah diatasi dengan penggunaan makeup. Caranya adalah dengan menggunakan highlighter pada sisi kanan dan kiri bibir bawah untuk mengurangi bayangan dari bibir bagian atas. Setelah itu, gunakan lip liner berwarna sama dengan bibir untuk membuat outline yang mempertemukan sudut bibir atas dan bawah. Jika sudah selesai, aplikasikan lipstik hingga merata.

Bibir Asimetris
Bibir dikatakan asimetris ketika bentuk dan ukuran bibir tidak sama di bagian kiri dan kanan. Tenang saja, Anda dapat menyiasati hal ini dengan menggunakan lip liner! Caranya adalah dengan menggambar outline pada bibir dengan menggunakan sisi bibir yang lebih penuh sebagai panduannya. Pastikan garis bibir pada kedua sisi tergambar serupa. Cara ini dapat membuat ilusi bentuk bibir yang lebih proporsional. Isi bibir dengan menggunakan lip brush agar lebih rapi.

Bibir dengan Warna Tidak Rata
Selain bentuk bibir yang tidak sama, warna bibir yang tidak merata pun terkadang suka dianggap mengganggu karena dapat membuat warna lipstik menjadi tidak rata juga. Anda dapat mengatasi masalah ini dengan menggunakan sedikit foundation pada bibir. Bingkai bibir menggunakan lip liner, isi bagian bibir yang gelap dengan warna yang terang dan bagian bibir yang gelap dengan warna yang setingkat lebih terang. Blend warna lipstik pada bibir dengan cara mengatupkan bibir atas dan bawah dengan berulang.

Flat Lips
Flat lips adalah bibir yang kurang berdimensi dan terlihat datar tanpa outline bibir yang jelas. Tapi tenang saja, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat bibir datar. Pertama, gambar outline bibir dengan sedikit melewati garis asli bibir. Lalu isi bibir menggunakan lipstik shimmer untuk menambah efek bibir lebih penuh dan efek plumping. Anda juga dapat mencoba ombre lips dengan warna gelap pada sisi luar bibir dan warna terang pada sisi dalam bibir. Selain ombre lips, coba juga menambahkan highlighter pada bagian tengah bibir atas dan bawah untuk mendapatkan efek plumping.

Sumber:
https://journal.sociolla.com/beauty/tips-korektif-bibir-dengan-makeup/