© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Tips Keuangan Tetap Aman dan Jauh dari Hutang

Mengatur keuangan itu merupakan aktivitas yang bisa dikatakan gampang-gampang susah. Banyak sekali orang yang akhirnya harus membaca banyak artikel tips keuangan yang baik dan benar dari para pakar agar lebih tepat. Karena untuk membuat keuangan baik itu bukan hanya memperhitungkan berapa pemasukan dan pengeluaran saja, tetapi membuat keduanya tetap seimbang dan memaksimalkan dari keduanya ada sisa sebagai bentuk tabungan. Perlu ketelitian yang baik dan benar jika tidak pasti akan bermasalah meskipun hanya keuangan yang kecil.

Bagi mereka yang sudah belajar banyak mengenai pengontrolan dan perencanaan keuangan, manajemen uang ataupun finansial lainnya menganggap keuangan itu mudah. Yang paling penting jangan sampai berhutang sehingga menyebabkan perhitungan semakin rumit. Tetapi hal itu menjadi sesuatu yang umum dilakukan dalam beberapa alasan. Agar tidak mengalami masalah hutang dan keuangan tetap aman bisa lakukan beberapa tips berikut ini:

1. Atur gaji dengan prinsip yang tepat.

Pertama mengenai alokasi gaji dengan tepat, terkadang dalam hal ini masih banyak orang yang kesusahan sehingga berakibat pada keuangan yang tidak sesuai. Anda bisa gunakan 50% untuk biaya hidup, 20% sebagai bentuk investasi dan 30% sebagai dana hiburan atau liburan.

2. Gambaran masa tua.

Ini yang masih tidak terfikirkan banyak orang, setiap orang mempunyai masa produktif yang berbeda. Tetapi hal itu ternyata tergantung dari pengaturan Anda juga, jika pada usia 70-80 tahun masih ingin bekerja mencari uang untuk cucu tentu tidak perlu memikirkan masa muda yang harus bekerja keras, begitu sebaliknya.

3. Perhatikan dana pensiun.

Tidak semua orang memperhatikan dana pensiun, kecuali mereka para pegawai negeri. Padahal ini sangat perlu sekali untuk diperhatikan, dimana Anda harus mempunyai target pada masa produktif sebelum kewalahan dalam mencari uang.

4. Manfaatkan asuransi.

Ini menjadi salah satu tips keuangan yang baik yaitu memanfaatkan secara bijak kemudahan asuransi saat ini. Dimana Anda bisa menjaga atau melindungi diri dan keluarga dari kemungkinan buruk yang terjadi didepan.

5. Hindari hutang.

Seperti yang telah dikatakan diatas jika hutang menjadi salah satu jalan menuju masalah keuangan yang lebih berat, apalagi jika Anda memilih hutang dengan bunga yang tinggi. Selain itu juga maksimalkan penggunaan kartu kredit, karena fasilitas tersebut seperti halnya hutang.

Dengan melakukan 5 tips keuangan seperti diatas bukan tidak mungkin Anda akan lebih mudah mengatur keuangan secara baik dan benar. Selain itu masa depan juga akan lebih tenang karena semuanya sudah terencana dengan baik. Banyak sekali tips keuangan sederhana yang bisa Anda contoh dalam hal finansial keluarga, tetapi pilih saja mana yang paling mudah untuk dilakukan. Karena tidak semua orang cocok menggunakan tips mengontrol keuangan satu model.