Tips berwisata ke Pulau Pari


(anandaghafari) #1

Jika Anda warga indonesia atau sedang berkunjung ke Jakarta, Pulau Pari bisa jadi pilihan Anda ke Pulau Pari adalah salah satu dari pulau-pulau berpenghuni yang masuk dalam kawasan Kepulauan Seribu. Wisata bahari wisata unik wisata yang berbasis masyarakat yang cocok untuk keluarga, rombongan, maupun individu. Harga wisata yang murah meriah juga cocok untuk wisatawan dengan bujet minim. Transportasi ke Pulau pari, salah satu akses favorit menuju Pulau Pari melalui daratan Jakarta adalah melalui Muara Angke Dekat SPBU Muara Angke. Ada kapal-kapal kayu bermotor dan berlantai dua yang siap menyeberangkan pengunjung.

image

Jangan berharap Anda akan menginap di hotel. Di Pulau pari, semua penginapan dimiliki dan dikelola oleh penduduk setempat. Sebagian besar adalah homestay atau rumah yang disulap menjadi penginapan. Disana anda jangan hafalkan nama jalan, karena di Pulau pari tidak memakai nama Jalan. Jadi jika Anda menginap di rumah penduduk, hapalkan nomor RT dan nomor rumahnya. Jalan-jalannya kecil dan kotak-kotak ibarat labirin.

Anda punya tips berwisata ke Pulau Pari lainnya? Yuk reply topic ini, dan diskusikan bersama!


(ahyarm) #2

TIPS 1 : Transportasi ke Pulau pari

Salah satu akses favorit menuju Pulau Pari melalui daratan Jakarta adalah melalui Muara Angke Dekat SPBU Muara Angke. Ada kapal-kapal kayu bermotor dan berlantai dua yang siap menyeberangkan pengunjung.

Kapal ferry ini berangkat sekitar pukul 07:00 WIB pagi. Harga sekali jalan dari Muara Angke Ke pulau pari adalah Rp 35.000, sedangkan harga sekali jalan dari Pulau pari ke Muara Angke Rp33.000 .Kapal kembali dari Pulau pari ke Muara Angke tersedia pada pukul 07:00 WIB untuk hari Senin sampai Minggu dan bonus bagi pengunjung yang pulangnya hari jumat dan hari Minggu dari Pulau pari Ke Muara Angke ada jadwal kapal siang jam 11:00 WIB . Selain itu, Anda bisa pergi ke pari melalui KALI ADEM (dermaga Baru ) didaerah muara angke juga KM Kerapu . Harga tiket R50.000 kapal ini berangkat jam 07:00 WIB ,pendaftaran loket tiket KM kerapu pukul 06:00 WIB loket berada di demaga Kali Adem (Muara Angke ) kapal KM kerapu, KM lumba – lumba sedangakan untuk yang jadwal ke 2 loket dibuka jam 12:00 WIB berangkat pukul 13:00 WIB kapasitas kapal 25 1 kapal sedangkan yang khusus ke Pulau pari hanya 5 0rg dan sisanya ke pulau-pulau yang berada di kawasan kep Seribu jadi kapasitas terbatas. Sedangkan untuk jadwal keberangkatan dari pulau Pari ke Kali Adem (Muara Angke ) jadwal pertama pukul 09:00 buka loket pukul 08:00 WIB . dan jadwal kedua kapal KM kerapu dari Pulau pari ke Kali Adem jam 14:00 WIB Loke tiket KM Kerapu di buka pukul 14:30 WIB.Namun jadwal kapal ini Tidak menentu kadang jalan dan kadang- kadang Tidak Terserah Mereka ( Namanya Juga subsidi pemerintah ) dan juga kasian Harus Mengantri bayak pengunjung mengatakan Mengunakan Perjalanan kapal Ini sama saja Mengemis,teman-temankan mau berlibur bukan Mengemiskan heeee…hheeeeeee dan juga bisa – bisa tidak Dapat Tiket lebih baik jalur Kapal Feri dari Angke (dekat SPBU ), selain Dari Muara Angke Ada juga Dari Marina Ancol Dermaga 6 ( fasilitas Mewah ) Bagi yang Mau Dari jalur Mariana Ancol ke Pulau pari bisa langsung Ambil Paket Kapal Cepat speedboat 50 menit perjalanan fasilitas Ac,Tv ( karoke ). Jika Anda tinggal diTangerang, Anda bisa melalui Rawasaban kapal berangkatan kapal dari Rawasaban pukul 10:30 WIB sedangkan keberangkatan dan Pulau pari ke Rawasaban pukul 07:00 dengan harga tiket kapal hanya Rp 35.000.

TIPS 2 : Waktu tempuh ke Pulau pari

Dari Muara Angke ke Pulau pari ditempuh dalam waktu 2 jam. Persiapkanlah bekal minuman selama di kapal. Selain itu, minum juga obat anti mabuk . Apalagi jika Anda tipikal yang mudah mabuk bagi yang mabuk laut bisa di atas kapal.

Dari Kali Adem ke Pulau pari menggunakan kapal KM kerapu di tempuh dalam waktu 1 jam sedangkan jika menggunakan kapal cepat (speedboat ) dari Marina Ancol 1 jam (syarat dan ketentuan belaku ) Dari Rawasaban ke pulau tidung di tempuh dalam waktu 1 jam setengah

TIPS 3 : Penginapan Pulau pari

Jangan berharap Anda akan menginap di hotel. Di Pulau pari, semua penginapan dimiliki dan dikelola oleh penduduk setempat. Sebagian besar adalah homestay atau rumah yang disulap menjadi penginapan. Beberapa penduduk juga membangun penginapan khusus yang terpisah dari rumah mereka. Penginapan-penginapan ini bahkan memiliki fasilitas AC , TV, kulakas ,dispenser dan kamar mandi di dalam. Ada pula yang dilengkapi dengan televisi. Harga per kamar di penginapan-penginapan tersebut tidak ada yang tetap. Semua bisa dinego sesuai jumlah orang yang akan menginap. Rata-rata harganya Rp500.000 – Rp 700.000 permalam( tergantung jumlah peserta ) . Per kamar dapat memuat antara 7-15 orang. Penginapan selalu penuh pada akhir pekan.

Disana anda jangan hafalkan nama jalan, karena di Pulau pari tidak memakai nama Jalan. Jadi jika Anda menginap di rumah penduduk, hapalkan nomor RT dan nomor rumahnya. Jalan-jalannya kecil dan kotak-kotak ibarat labirin.

Cara terbaik agar Anda tidak nyasar saat mencari jalan Pari ke penginapan adalah dengan memfoto petunjuk rumah atau apapun yang Anda temukan di perjalanan. Bisa juga dengan memfoto rumah tempat Anda menginap. Jadi, jika Anda kesasar, Anda bisa bertanya pada penduduk setempat sambil menunjukkan foto tersebut.